oleh

Lagi, Merah Putih Berkibar di Kapal Perang Negara Sahabat Saat Manuver di Laut Mediterania

MedanEkspres | Laut Mediterania – Untuk kesekian kalinya, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda- 367 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL unjuk kemampuan dan profesionalisme bersama sejumlah kapal perang negara sahabat, pada latihan Capability and Readiness Days di Laut Mediterania, Lebanon.

Ada empat kapal perang lainnya dari negara sahabat yang ikut serta dalam latihan, antara lain Kapal Perang Negara Bangladesh, Kapal Perang Negara Jerman, Kapal Perang Negara Turki dan Kapal Perang Negara Yunani. Bendera Merah Putih kembali berkibar disela latihan yang digelar Senin (15/11/2021) waktu setempat.

Pada latihan Capability and Readiness Days kali ini, KRI SIM-367 didapuk sebagai kapal markas karena MTF Commander Rear Admiral Andreas Markus Mugge memilih on board di kapal perang dari unsur Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S.

Latihan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut. Diawali latihan Simple Maneuvering, Advance Maneuvering , Photo Exercise melibatkan Helikopter AS 565 MBE Panther (Heli) yang on board di KRI SIM-367. Kemudian Mailbag Transfer, Navcomex, Flashex dan Serial Towing Exercise. Disela-sela latihan berlangsung, bendera merah putih turut dikibarkan diatas kapal perang negara sahabat yang sontak membuat bangga Komandan dan para prajurit KRI SIM-367.

Menurut Abdul Haris, Capability and Readiness Days adalah salah satu latihan yang telah disiapkan MTF Unifil untuk seluruh unsur MTF. Dan hal ini tergolong wajib dilaksanakan oleh seluruh unsur MTF, sebagai cara untuk mengasah keterampilan dan profesionalisme prajurit.

“Ditengah pelaksanaan tugas pokok sesuai dari Mandat PBB, berbagai jenis latihan sudah dijadwalkan oleh staf MTF UNIFIL untuk seluruh unsur MTF. Hal ini merupakan kesempatan wajib untuk terus mengasah keterampilan dan profesionalisme prajurit KRI SIM-367 sebagai prajurit matra laut, agar mampu beradaptasi dan mengikuti setiap latihan bertaraf multinasional, “ ujar Abdul Haris.

Ia juga menambahkan jika di sisi lain beragam latihan yang digelar MTF Unifil yang diikuti KRI SIM-367 selama ini, adalah upaya pencapaian KRI SIM-367 dalam menjaga hubungan baik secara diplomasi dengan negara sahabat yang sejalan dengan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu program peningkatan profesionalisme prajurit matra laut serta dalam rangka implementasi Diplomacy Role TNI Angkatan Laut di mata dunia internasional.

Sumber: Dispen Koarmada II

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed