oleh

Tegakkan Hukum Militer, Peleton POM Lakukan Patroli Yudha Kelana di YTP R-100 Kodam I/BB

MedanEkspres | Simalungun – Peleton Polisi Militer ikut dilibatkan dalam drill tempur Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Raider 100 Kodam I/BB di Dolok Panribuan Kompleks, Simalungun, Sumatera Utara.

Kehadiran Peleton Polisi Militer dalam kegiatan latihan perang ini, memiliki beberapa peran dan fungsi yang orientasinya untuk menegakkan disiplin hukum militer baik kepada pasukan kawan maupun pasukan lawan.

Hal ini disampaikan Komandan Polisi Militer Kodam I/BB, Kolonel Cpm Anggiat Napitupulu, SH, MSc, dalam keterangannya di sela kegiatan latihan, Sabtu (23/10/2021).

Dijelaskan Danpomdam, dalam kegiatan latihan YTP R-100 Kodam I/BB ini, Peleton Polisi Militer melaksanakan sejumlah tugas pokoknya. Di antaranya melakukan pengawalan personel dan material, pengendalian lalu lintas militer, dan Patroli Yudha Kelana.

“Patroli Yudha Kelana ini bertujuan untuk menegakkan disiplin hukum militer bagi Prajurit atau pelaku latihan yang kedapatan melarikan diri atau menghindari tugas-tugasnya,” jelas Danpomdam.

Terkait dengan Patroli Yudha Kelana ini, lanjut Kolonel Anggiat, Peleton Polisi Militer juga menyelenggarankan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan dan pengurusan tahanan militer, tuna tertib militer, dan instalasi tahanan militer, pengurusan tahanan operasi militer, tahanan keadaan berbahaya, tawanan perang serta interniran perang.

“Secara umum, pelibatan Peleton Polisi Militer dalam kegiatan YTP R-100 Kodam I/BB adalah untuk mendukung kelancaran dan suksesnya latihan, di samping tetap menegakkan disiplin hukum militer yang menunjang tugas pokok Kodam I/BB secara khusus dan TNI AD secara umum,” pungkasnya.

Sumber: Pendam I/BB

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed