oleh

Naiki Dua KAL Kadet, 40 Taruna Akademi TNI AL Tingkat II Jalani Weekend Laut

MedanEkspres | Surabaya – Dengan menaiki dua Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet Vlll-06 dan KAL Kadet Vlll-07, sebanyak 40 Sersan Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan ke-69 mengikuti program Weekend Laut (WEL) selama tiga hari di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS).

Hal tersebut dikatakan Direktur Pendidikan AAL Kolonel Laut (P) Sawa, SE, MM, mewakili Gubernur AAL Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, SE, MM, MTr (Han), Minggu (1/8/2021).

Menurut Dirdik AAL, Weekend Laut bagi Sersan Taruna yang dimulai sejak 30 Juli petang hingga 1 Agustus ini, berbarengan juga dengan pelaksanaan 40 rekan seangkatan lainnya, yang menjalani Weekend Jungle Survival yang dihelat di PLP 4 Purboyo, Malang Selatan.

Kegiatan WEL ini lanjutnya, bertujuan untuk semakin mengenalkan kehidupan di kapal perang kepada para taruna, sekaligus sebagai sarana rekreasi bagi taruna laut selepas sepekan menjalani proses perkuliahan di kampus AAL.

WEL para taruna kali ini kata Dirdik AAL, diikuti 40 taruna, 20 taruna diantaranya onboard di KAL Kadet Vlll-06 yang dikomandani Mayor Laut (P) Hadito, sedangkan 20 orang taruna lainnya onboard di KAL Kadet VIII-07 yang dikomandani Mayor Laut (P) Dedi Hermawan.

“KAL Kadet Vlll-06 dengan 20 ABK diberangkatkan pada Jumat (30/7/2021) petang dari dermaga Jepara Koarmada II, sedangkan KAL Kadet Vlll-07 dengan 20 ABK diberangkatkan dari Dermaga Lombok Timur, Koarmada II,” ujarnya.

Pada saat onboard di KAL Kadet tambahnya, aktivitas para taruna AAL di hari pertama meliputi, pengenalan apel kelengkapan, pelaksanaan peran persiapan kapal berlayar dan bertempur, peran muka belakang, peran parade, peran pemanduan dan peran jangkar.

“Setelah itu mereka mendapat Jam Komandan, yang diisi oleh Komandan KAL Kadet Vlll-06 dan KAL VIll-07, yang menjelaskan tentang Safety Induction dan Pengenalan Organisasi Kapal. Penjelasan selanjutnya tentang Pengenalan Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas TNI-AL dan Paparan Pengenalan Kapal diberikan Perwira KAL lainnya,” ungkap Kolonel Sawa.

Sementara itu, kegiatan pada hari kedua WEL setelah olahraga pagi para Sersan Taruna mendapatkan materi peran persiapan kapal berlayar dan bertempur, comm check, peran muka belakang, departure harbour, peran parade, peran pemanduan, flaghois, anchorex, mobex, dcex, flashex dan pubex.

“Sedangkan pada hari ke tiga setelah olahraga pagi, mereka melakukan peran jangkar, peran pemanduan, peran parade, entery harbour, peran muka belakang dan persiapan Taruna/i kembali ke Kampus AAL,” paparnya.

Selain mengulang materi yang menunjang keahlian dan keterampilan pelaksanaan tugas-tugas di kapal perang, mereka juga diberikan kesempatan mengisi dan menikmati weekendnya dengan melaksanakan berbagai fun game sambil menikmati ikan bakar.

Sumber: Bagpen AAL

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed