oleh

Pangdam I/BB Bersama Kapoldasu Pastikan PSU di Labuhanbatu dan Labusel Aman dan Tanpa Gangguan

MedanEkspres | Rantauprapat – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, bersama Kapoldasu, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi, Senin (19/4/2021) siang melakukan kunjungan kerja ke Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada sejumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada di wilayah Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kunjungan kerja diawali dengan mendatangi Mapolres Labuhanbatu di Jln MH Thamrin, Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu yang dilanjutkan dengan menerima paparan kesiapan pelaksanaan PSU dari Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, SIK, MH.

Kapoldasu dalam arahannya menegaskan agar pengamanan pelaksanaan PSU termasuk di lokasi TPS di Kecamatan Torganda di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, benar-benar dilakukan secara maksimal.

“Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu harus siap melaksanakan pengamanan dan siapapun nanti yang menjadi pemenangnya dalam Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini harus siap untuk menerimanya,” jelas Kapoldasu.

“Anda berdua, Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB adalah panglimanya dalam rangka Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan di wilayah hukum Labuhanbatu, dan saya sudah lapor kepada Panglima bahwa pasang tenda di pintu masuk dengan tujuan bahwa masyarakat melihat Polisi dan TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah hukum Labuhanbatu,” tambah Kapoldasu lagi.

Kapoldasu juga memberikan instruksi kepada Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB untuk melakukan razia di pintu masuk Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“Kita semua harus netral dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini. Kita tidak punya kepentingan dalam PSU ini, tapi kita bertugas hanya pengabdian untuk negara Republik Indonesia. Karenanya, saya harus memastikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini berjalan aman, damai dan bisa terlaksana dengan baik sebagaima yang diharapkan,” papar Kapoldasu seraya menambahkan, jika TNI dan Polri sudah menyatu, maka semua masalah pasti akan dapat terselesaikan dan kepada semua pihak diharapkan untuk tetap menjaga kesehatannya masing-masing.

Selesai memberikan arahan, Pangdam I/BB bersama Kapoldasu serta rombongan bergerak ke Kompi C Yonif 126/KC untuk berangkat menuju PT Perkebunan Torganda Sibisa Mangatur di Kecamatan Torganda dengan menggunakan Heli jenis Bell 429/P-3203.

Di sini, Pangdam I/BB bersama Kapoldasu dan rombongan menyempatkan untuk meninjau sejumlah TPS, serta melakukan temu ramah dengan masyarakat dan karyawan PT Torganda.

Dalam kesempatan temu ramah, GM PT Torganda Sibisa Mangatur, Sabar Manik menjelaskan bahwa pihaknya tidak ada mengarahkan karyawan apalagi mengintimidasi untuk memilih salah satu paslon dan perusahaan tidak pernah mencapuri urusan politik karyawannya.

Menanggapi hal ini, Kapoldasu menjelaskan bahwa kedatangannya bersama Pangdam I/BB dan rombongan adalah untuk memastikan kesiapan pelaksanaan PSU pada 24 April 2021 berjalan dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya dan Pangdam I/BB ingin memastikan bahwa masyarakat sudah terinformasi dan terkonfirmasi tentang pelaksanaan PSU ini, dan semoga kegiatannya nanti dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar tanpa ada gangguan sekecil apapun. Kami juga berharap Forkopimda Provinsi, Forkopimda Kabupaten, Kecamatan hingga Desa harus saling bersinergi dalam menyukseskan PSU ini,” ungkap Kapoldasu.

Selesai dari PT Torganda, Pangdam I/BB bersama Kapoldasu dan rombongan kembali ke Rantauprapat dengan menggunakan heli, untuk kemudian melakukan konferensi pers di Hotel Platinum, Jln SM Raja, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam konferensi pers, Kapoldasu menjelaskan bahwa kedatangannya bersama Pangdam I/BB adalah untuk memastikan keamanan masyarakat benar-benar terjamin baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan PSU.

“Saya dan Pangdam I/BB mengimbau kepada masyarakat untuk tidak usah takut. Pemungutan Suara Ulang (PSU), kami pastikan aman dan kondusif. Untuk wilayah Polda Sumut, Pemungutan Suara Ulang (PSU) saat ini ada di Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten Madina. Sedangkan untuk penambahan personil pengamanan, diturunkan dari Polda Sumut dan Brimob, dan kalau ada yang mengganggu, akan kami tindak tegas,” ungkap Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, MSi.

Harapan senada terhadap keamanan dan kelancaran pelaksanaan PSU di Kabupaten Labuhanbatu serta Kabupaten Labuhanbatu Selatan juga disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM.

“Pesan saya kepada masyarakat, mari sama-sama menciptakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang baik, aman dan lancar untuk masyarakat. Mari mendukung TNI dan Polri dalam rangka menciptakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang aman, lancar, baik dan kondusif,” pungkas Pangdam I/BB.

Turut hadir dalam rangkaian kunjungan kerja Pangdam I/BB bersama Kapoldasu ini, antara lain Kabinda Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Pujalaksana, Asops Kasdam I/BB, Kolonel Inf Kristomei Sianturi, SSos, MSi (Han), Dirkrimsus Poldasu, Kombes Pol Jhon Charles Edison Nababan, Kabid Propam Poldasu, Kombes Pol Donal P Simanjuntak, Dir Intelkam Poldasu, Kombes Pol Dwi Indra Maulana, SIK, Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, Edy Parapat, Ketua KPU Labusel, Efendi Pasaribu, SH, Ketua Bawaslu Labusel, Ajiddin Harahap, Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, MTr (Han), Danyonif 126/KC, Letkol Inf Dwi Widodo, SH, MHan, Kasdim 0209/LB, Mayor Arh Muji Santoso serta pejabat teras TNI-Polri dan Sipil lainnya. (*/Zul)

*Sumber: Pendam I/BB

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed