oleh

Yayasan Hang Tuah Selenggarakan Seminar Kemaritiman

MedanEkspres | Surabaya – Seminar Kemaritiman yang secara virtual terpusat di SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda Surabaya Selasa (12/01/21) diikuti tidak kurang dari 518 peserta oleh keluarga besar Yayasan Hang Tuah baik guru dan karyawan, Jalasenastri, undangan serta para akademisi dari luar Yayasan Hang Tuah.

Seminar mengambil tema “Dengan Karakter Jiwa Bahari, Yayasan Hang Tuah Siap Membentuk SDM yang Unggul di Era Pandemi Covid 19 dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Maju”, yang merupakan rangkaian dari kegiatan dalam menyongsong HUT ke-74 Yayasan Hang Tuah tahun 2021.

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah, Ny Vero Yudo Margono pada Seminar Kemaritiman yang terpusat di SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda, Sidoarjo, menekankan bahwa proses pembelajaran Kebaharian secara efektif hanya dapat dicapai apabila pelaku dan materi pembelajarannya memiliki kualitas dan kemampuan yang tinggi.

Berdasarkan kepentingan tersebut, dibutuhkan kesiapan yang matang dari beberapa komponen di setiap lembaga pendidikan. Di antaranya komponen materi pembelajaran, pelaksana pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan sebagai ujung tombak dalam menentukan tingkatan dan pemahaman pembentukan karakter dan jiwa bahari serta wawasan kebaharian di semua tingkatan sekolah.

Ungkapan lebih jauh dari istri orang nomor satu di TNI AL ini bahwa, untuk meningkatkan kompetensi siswa maupun tenaga pendidiknya, terutama dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kompetensi kemaritiman, Yayasan Hang Tuah sebagai sebuah yayasan pendidikan yang besar terpanggil untuk mengadakan Webinar Kemaritiman.

Hal ini sebagai komitmen Yayasan Hang Tuah terhadap pembangunan guru kebaharian yang andal. Karena jika pendidiknya memiliki kemampuan yang maksimal, maka peserta didikpun akan memiliki kemampuan dan pemahaman konsep kemaritiman dengan baik pula, yang pada akhirnya suatu saat nanti dapat dijadikan sebagai modal mengelola potensi kelautan secara berkelanjutan.

Diakhir sambutannya, Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah memberikan apresiasi kepada Yayasan Hang Tuah atas terselenggaranya acara ini.

“Saya berharap bahwa webinar yang diselenggarakan hari ini tidak hanya dapat menjadi forum untuk berdiskusi dan bertukar ide dan pikiran terkait pengelolaan kemaritiman. Namun juga dapat merumuskan dan memberikan masukan serta rekomendasi kepada Pemerintah untuk dapat meningkatkan kurikulum tentang kemaritimam (kebaharian) di seturuh tingkatan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kepedulian terhadap dunia kemaritiman/kebaharian.

Dalam webinar kali ini, ada bebrapa sesi dengan materi yang berlainan, antara lain: “Peran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Mengimplementasikan Mata Pelajaran Kemaritiman pada Kurikulum Nasional Menuju Indonesia Maju” disampaikan oleh Maman Fathurrohman, S.Pd., M.Si., Ph.D.

DR IR Safri Burhanuddin, DEA (Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia Kemenko Kemaritiman), menyampaikan materi “ Potensi Laut Nusantara Sebagai Modal Pembangunan di Bidang Maritim Menuju Indonesia Maju”

DR. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si Kaprodi Pendidikan Geografi Pasca Sarjana Unesa, dengan materi “Upaya Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik kemaritiman untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan karakter Bahari menuju Indonesia Maju”.

Laksda TNI (Purn) DR. Surya Wiranto, SH MH menyampaikan Materi “Penguatan karakter bahari dalam membentuk SDM yang unggul di bidang maritim menuju Indonesia maju”.

Bertindak selaku Host/moderator, Ira Fatukawati, M.Pd, Laksda TNI (Purn) Yuhastihar dan Laksda TNI (Purn) Ir.R Rusmali Anggawiria M.Pd

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputra , S.K.M., M.M mengharapkan dengan Webinar Ini diharapkan dapat meningkatkan potensi dan kompetensi Tenaga Pendidik, dengan tujuan memenuhi standar kualitas tenaga pendidik terutama guru kebaharian di lingkungan Yayasan Hang Tuah.

Ny Wiek Ahmad Heri selaku Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah, Laksda TNI (Purn) Amri Husaini Ketua Umum Yayasan Hang Tuah serta pengurus inti PP YHT, pengurus inti Yayasan Hang Tuah Cabang-Cabang di seluruh Indonesia terlibat dalam Zoom Meeting Seminar Kemaritiman tersebut. (*/Zul)

*Sumber: Humas Yht/dar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed