oleh

Tingkatkan Kemampuan Dasar Prajurit, Kodim 0204/DS Gelar Latbakjatri TW IV TA 2020

MedanEkspres | Galang – Dalam rangka melaksanakan pembinaan dan peningkatan kemampuan menembak perorangan, Kodim 0204/DS melaksanakan kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan IV TA 2020 di Lapangan Tembak Yonif 121/MK, Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang.

Latihan menembak senjata ringan merupakan suatu program latihan yang harus dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak guna menghadapi tuntutan tugas di masa yang akan datang.

Kemampuan menembak merupakan kemampuan dasar prajurit yang harus dikuasai dan dipelihara kemampuannya, sehingga dapat tercapai prajurit yang profesional di bidangnya.

Kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) ini diikuti oleh 290 orang yang terdiri penembak senapan M16 A-1 sebanyak 245 orang dan penembak pistol 45 orang.

Pelaksanaan kegiatan selama dua hari, terhitung dari tanggal 30 November, 1 dan 2 Desember 2020. Menembak senapan M16 A-1 diikuti oleh seluruh personel jajaran Kodim 0204/DS.

Sebelum melaksanakan Latbakjatri, terlebih dahulu diadakan apel pengecekan oleh kordinator materi, Lettu Inf M Yasir Arif.

Dalam arahannya, Lettu Yasir menyampaikan bahwa latihan menembak merupakan program dari komando atas yang dijabarkan oleh satuan bawah ke dalam kalender latihan satuan.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit, dan agar diperoleh kemampuan dan hasil menembak yang baik maka perlu diadakan latihan. Perhatikan faktor keamanan,” tegasnya.

Koordinator materi menembak senapan M16 A-1 menjelaskan mekanisme pelaksanaan latihan menembak senapan.

Dalam uraianya menyampaiakn dari daerah persiapan, mengambil senjata, pemeriksaan senjata awal, ambil munisi, menuju lajur masing-masing, menembak Senapan 20 butir/orang dengan perincian menembak dasar senapan 3 butir dengan sikap tiarap tersandar dilaksanakan 1 seri 5 butir lesan C1.

“Tembak percobaan 5 butir sikap tiarap tidak tersandar, sasaran lesan L1. Evaluasi/penilaian 10 butir sikap tiarap tidak tersandar, sasaran lesan, setelah menembak pemeriksaan senjata akhir kemudian menuju TB akhir,” tuturnya. (*/Zul)

*Sumber: Kodim 0204/DS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed