oleh

TMMD Ke-109 Kodim 0201/BS Resmi Dibuka

MedanEkspres | Medan – Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di wilayah Kodim 0201/BS Medan resmi dibuka pada Selasa (22/9/2020).

Acara pembukaan yang tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan secara ketat ini dilangsungkan di Gedung PKK Pemko Medan, Jln Rotan Baru No.4, Kecamatan Medan Petisah.

Dandim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, yang juga Dansatgas TMMD ke-109 menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan waktu kepada Plt Wali Kota Medan, Aster Kasdam I/BB, Danlanud Soewondo, Kazidam I/BB, Kakesdam I/BB, Danyonmarhanlan I Belawan, Kapolresta Pelabuhan Belawan, para Danyon BS dan pimpinan OPD Pemko Medan, serta tokoh masyarakat untuk menghadiri acara pembukaan.

TMMD ke-109 TA 2020 yang mengangkat tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri”, lanjut Dandim, akan berlangsung selama 30 hari dari 22 September sampai 21 Oktober 2020.

“Selama satu bulan ke depan, para Prajurit TNI-Polri, aparatur Pemerintah Daerah dan Komponen Masyarakat akan bekerja keras dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat kemanunggalan untuk melaksanakan sekaligus menyukseskan pelaksanaan program TMMD ke–109 TA 2020 Kodim 0201/BS di wilayah Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan,” jelas Dandim.

Program TMMD ini merupakan refleksi kemanunggalan yang hakiki antar segenap komponen bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kebersamaan inilah yang sebenarnya merupakan hakekat dari Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara sebagai landasan pertahanan negara yang bersifat semesta,” ungkap Dandim.

Pamen TNI AD lulusan Akmil 1999 ini menekankan, TMMD ke-109 yang dilaksanakan di tengah wabah Covid-19 ini akan tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan, sehingga semua tahap pengerjaan dan nilai manfaatnya akan tercapai sesuai target rencana yang telah ditetapkan.

Selain sasaran fisik, kata Dandim lagi, TMMD ke-109 ini juga menyasar kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat yang tujuannya untuk memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat di lokasi sasaran.

Kegiatan penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan dan bidang kesehatan ini merupakan sebuah kebutuhan untuk menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War. Yaitu berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, ancaman terorisme, aksi kriminalitas, kebangkitan komunisme gaya baru, serta perang informasi yang melanda seluruh penjuru dunia.

“Oleh karenanya, TMMD dapat dipandang sebagai salah satu upaya pemerintah melalui TNI AD untuk membangun dan memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah yang sangat diperlukan untuk membangun ketahanan nasional untuk menjaga tetap tegaknya NKRI,” pungkas Dandim.

Hal senada disampaikan Plt Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution. Ia berharap dari pelaksanaan TMMD ke-109 Kodim 0201/BS Medan di Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan ini akan dapat mengurangi permasalahan banjir luapan air sungai yang sudah berlangsung lama.

“Program TMMD ke–109 Kodim 0201/BS berupa pembangunan bronjong kiri-kanan sepanjang 305 meter di lokasi sasaran fisik sangat berarti bagi Pemko Medan dan warga di lokasi sasaran. Karenanya, Pemko Medan siap bekerjasama dan memberikan support penuh untuk kelancaran kegiatan,” tegasnya.

Akhyar juga mengajak segenap komponen masyarakat Kota Medan untuk semakin mengeratkan lagi kerja sama yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

“Kehadiran TNI melalui TMMD di tengah warga sangat diharapkan akan mendapat sambutan baik, sehingga akan mendukung pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan,” tutupnya.

Sebelumnya dilakukan penandatanganan naskah kerja sama TMMD ke-109 antara Dandim 0201/BS dengan Plt Wali Kota Medan yang disaksikan seluruh pejabat Militer, Polri, sipil, dan tokoh masyarakat yang hadir. (*/Zul)

*Sumber: Pendim 0201/BS

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed