oleh

Kapendam I/BB: Program TMMD Buktikan Kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk Pacu Roda Ekonomi Desa Terpencil

MedanEkspres | Medan — Pengabdian TNI bukan hanya menjaga kedaulatan negara saja. Lebih dari itu, fungsi TNI ternyata bisa membantu Pemerintah Daerah atau Pemda dalam penanganan bencana hingga bisa meningkatkan dan memacu roda perekonomian perdesaan didaerah terpencil.

Program itu dikenal ABRI Masuk Desa atau sekarang dikenal “TNI Manunggal Membangun Desa” atau TMMD ke 108.
Untuk itu, Komando Daerah Militer atau Kodam I/BB melalui Kodim 0203/Lkt telah melaksanakan program TMMD ke 108.

Program TMMD tahun ini diharapkan bisa membantu warga Desa Terisolir bisa mendapatkan akses pembangunan infrastruktur yang bisa meningkatkan kehidupan warga didesa terisolir.

Demikian hal yang disampaikan Kepala Penerangan Kodam Kapendam I/BB Kol. Inf Zeni Djunaidhi, S.Sos, MSi, kepada wartawan saat ditanyai mengenai program pelaksanaan TMMD yang dilakukan pihak Kodim 0203/Langkat dari Desa Batu Jongjong, Kec. Bahorok, Kab. Langkat, Senin (27/7/2020).

Menurut Kapendam bahwa program TMMD 108 TA. 2020 digelar pihak Kodim 0203/Langkat dua sasaran fisik masuk tahap finishing, dengan membuka badan jalan dan bangun jembatan menuju perkampungan Desa Batu Jongjong, Kec. Bahorok, Kab. Langkat.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-108 Kodim 0203/Langkat yang memasuki minggu terakhir kelihatannya akan menyelesaikan seluruh target sasaran fisik maupun non fisik, berdasarkan dari pantauan terlihat seluruh sasaran sudah sampai pada tahap finishing, ujar Kapendam.

Dikatakan Kapendam, bahwa dengan adanya program TMMD ini membuktikan TNI ada dalam menjawab keinginan masyarakat khususnya warga didesa terpencil untuk bisa mensejahterakan warga masyarakat di Desa batu Jongjong Kabupaten Langkat dan hasilnya kegiatan sudah hampir rampung 100 persen.

Kesemuanya tidak terlepas dengan adanya rasa kebersamaan antara Satgas gabungan Tiga Matra yang dibantu masyarakat Desa Batu Jongjong terus bergotong-royong mengerjai dan bahu – membahu membuat jembatan 12 meter dan pembukaan jalan sepanjang 1,5 Kilometer agar cepat selesai dan bisa digunakan warga, ungkap Kapendam.

Untuk mengingat kemanunggalan TNI dan rakyat pihak satuan tugas Kodim 0203/ Langkat telah dibangun Tugu Pengabdian Untuk Negeri. Tugu TMMD ini berdiri di Desa Batu Jongjong, Kec. Bahorok.

Dengan adanya tugu Pengabdian Negeri di lokasi TMMD tersebut, bisa menjadi memori yang diingat warga masyarakat, sehingga kecintaan masyarakat kepada TNI AD tetap terjaga.

“Semoga fasilitas jembatan penghubung Desa Batu Jongjong yang sudah dibangun dengan melalui program TMMD ke 108 ini bisa dirawat dan dijaga dengan baik”, harap Kapendam.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas TMMD Ke-108 Kodim 0203/Langkat Letkol Inf Bachtiar Susanto menyampaikan rasa bersyukur atas pelaksanaan TMMD yang hingga pekan terakhir dapat berjalan dengan lancar.

“Kita targetkan dalam dua sampai tiga hari kedepan pekerjaan dapat kita selesaikan secara keseluruhan,” tutup Dansatgas TMMD. (*/Zul)

*Sumber: Pendam I/BB

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed