oleh

Tangguh dan Akurat Aksi dari Sniper Tank Kavaleri Yonkav 6/NK

MedanEkspres | Kutalimbaru – Yonkav 6/NK melaksanakan Latihan Menembak Senjata Kendaraan Tempur Tank AMX-13 Kanon dan Tank AMX-13 APC, bertempat di daerah latihan Desa Suka Makmur, Kec. Kutalimbaru, Kab. Deli Serdang Pada Selasa, 7 Juli 2020.

Tank buatan Prancis tahun 1952 ini masih mampu menunjukan tajinya sebagai Tank Tempur yang masih ditakuti lawan, akurasinya tepat sehingga dapat melumpuhkan lawan dalam sekejap.

Latihan Menembak Senjata Kendaraan Tempur ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 7 s.d 9 Juli 2020 dengan menggunakan 3 unit Tank diantaranya 2 unit Tank AMX-13 Kanon dan 1 unit Tank AMX-13 APC.

Danyonkav 6/NK Letnan Kolonel Kav Jackie Yudhantara,S.Sos, M.Han memimpin langsung Latihan Menembak Senjata Ranpur yang dilaksanakan meliputi menembak senjata Kanon AMX-13 Kaliber 75 mm, Senjata Senapan Mesin Berat (SMB) Brownig 50 dan Senjata Senapan Mesin Berat (SMB) 12.7 mm.

Penembakan dilaksanakan secara statis disesuaikan dengan jarak efektif dari masing-masing senjata dan medan latihan yang tersedia dimana sasaran Kanon AMX-13 ditempatkan pada jarak 1.000 meter dan Senapan Mesin Berat (SMB) pada jarak 500 meter.

Latihan menembak kali ini melibatkan seluruh personel dengan jabatan organik Tabaknon dan Tabak SMB yang ada di satuan saat ini sebanyak 21 personel petembak. Di antaranya 6 orang personel petembak Kanon dan 15 orang personel petembak SMB.

Dalam latihan menembak tersebut Danyonkav 6/NK menyampaikan bahwa, Ranpur yang dioperasikan seluruh Satuan Kavaleri diantaranya Ranpur Tank AMX-13 Kanon 75 mm yang memiliki beberapa kekhususan dalam pelaksanaan penembakan senjata Ranpur yang terdapat pada Ranpur tersebut.

Berbeda dengan Ranpur Tank ataupun APC roda rantai, Ranpur Tank AMX 13 Canon 75 mm memiliki 1 buah kubah senjata (weapon turret).

Kegiatan latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan petembak Senjata Berat ataupun Senjata Ranpur, agar semua personel petembak di satuan Yonkav 6/NK dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan terlebih lagi umumnya dapat mendukung tugas pokok TNI AD di masa-masa yang akan datang. (*/Zul)

*Sumber: Pen Yonkav-6

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed