oleh

KAL Manakarra Resmi Perkuat Lanal Mamuju, Siap Amankan Perairan Sulawesi Barat

MedanEkspres | Mamuju – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, mendapatkan tambahan armada baru untuk mendukung keamanan teritorial wilayahnya dengan hadirnya Kapal Angkatan Laut (KAL) Manakarra. Prosesi penyambutan di laksanakan di Dermaga Rangas Lanal Mamuju pada Kamis (2/7/2020).

Komandan Lanal Mamuju Letnan Kolonel Marinir La Ode Jimmy HR yang ikut langsung menyambut mengungkapkan, kehadiran KAL Manakarra akan sangat membantu tugas pokok Lanal Mamuju menjaga keamanan laut.

“Jadi kehadiran KAL Manakarra ini disamping mendukung tugas pokok Lanal, juga bisa mendukung tugas-tugas dari provinsi dan unsur pemerintah lainnya,” ungkap Lao Ode.

La Ode menambahkan, kapal kelas Patrol Craft-28 karya anak bangsa yang diproduksi oleh PT. Palindo Marine Batam ini, siap beroperasi di sepanjang pantai Sulawesi Barat. Terlebih kapal sepanjang 28,98 meter itu memiliki kecepatan dan jarak jelajah yang lumayan jauh, sehingga area laut yang bisa diamankan juga semakin luas.

Terkait kekuatan baru yang dimiliki Lanal Mamuju, di tempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto berharap hal tersebut mampu meningkatkan kinerja dan profesionalisme Lanal dalam menjalankan tugas pokoknya menjaga keamanan perairan di wilayah Sulawesi Barat.

Sementara itu nama KAL Manakarra sendiri diambil dari salah satu nama pantai yang ada di kawasan teluk Kota Mamuju, yaitu Pantai Manakarra. Kapal ini juga mendapat perlakuan istimewa dari Raja Mamuju yang memberikan slogan khusus, yakni “Jaga kaleta da’a mampo gau anu ude’ maccoa “ yang berarti menjaga kehormatan diri dari perbuatan tercela. (*/Zul)

*Sumber: Dispen Koarmada II

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed