oleh

Putra Asahan Pegang Komando Kodim 0201/BS Medan

MedanEkspres | Medan – Tongkat komando Kodim 0201/BS Medan, Kodam I/Bukit Barisan kini dipegang Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, yang sebelumnya menjabat Kasbrigif 21/Komodo, Kodam IX/Udayana, Bali.

Putra Asahan jebolan Akademi Militer 1999 ini menggantikan pejabat lama, Kolonel Inf Roy Hansen Jongguran Sinaga, SSos, yang selanjutnya mengemban tugas baru sebagai Dosen Madya Seskoad.

Acara serah terima jabatan (Sertijab) Dandim 0201/BS ini dilangsungkan di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (29/6/2020).

Dalam acara yang dipimpin langsung Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, itu, juga dilakukan sertijab kepada 18 Perwira Menengah (Pamen) TNI AD lainnya.

Usai dari Makodam I/BB, Letkol Inf Agus Setiandar bersama istri melanjutkan acara tradisi Pedang Pora penerimaan Dandim 0201/BS Medan yang baru di Makodim 0201/BS, Jln Pengadilan No.8 Medan.

Acara diawali dengan pengalungan bunga selamat datang kepada Letkol Inf Agus Setiandar bersama istri yang kemudian dilanjutkan dengan menerima laporan dari personel jaga kesatrian.

Selanjutnya, Letkol Inf Agus Setiandar bersama istri melewati barisan Pedang Pora dan kemudian diterima Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga didampingi istri di depan pintu lobby utama Makodim 0201/BS.

Sepanjang dinas militernya, pria kelahiran Asahan, 16 Agustus 1976 ini banyak menjalani masa tugas di satuan tempur di wilayah Kodam V/Brawijaya, Surabaya.

Di antaranya, Danton3 Kipan A Yonif 516, Korem 084, Kodam V/Brw tahun 2001, Pasilog Yonif 516, Korem 084, Kodam V/Brw tahun 2005, dan Pasiops Kodim 0816/SDA, Korem 084, Kodam V/Brw.

Jabatan lain yang pernah dipercayakan kepada Agus juga sebagai Wadan Secaba/Gumil Juang Rindam XVII/Cen tahun 2011, Kasilog Korem 051/Wkt, Kodam Jaya tahun 2013, Danyonif 743/Psy, Brigif 21/Komodo, Kodam IX/Udy tahun 2015, serta Dandodiklatpur Rindam IX/Udy tahun 2016.

Di luar satuan tempur, ayah dua orang anak ini juga pernah memegang tampuk jabatan bidang teritorial. Yakni sebagai Dandim 1615/Lotim, Korem 162/WB, Kodam IX/Udy tahun 2017.

“Dari Dandim Lombok Timur, saya dipercayakan menjabat Kepala Staf Brigif 21/Komodo, Kodam IX/Udy, dan Alhamdulillah, saya kembali mendapat rezeki serta amanah dari pimpinan TNI AD untuk memegang komando Kodim 0201/BS Medan, Kodam I/BB ini,” ungkap Letkol Agus dalam acara ramah tamah dengan segenap unsur Forkopimda Kota Medan di Aula Makodim 0201/BS.

Dalam kesempatan memperkenalkan dirinya itu, Letkol Agus sangat berharap bimbingan dan arahan dari para unsur Forkopimda Kota Medan, guna melanjutkan program-program yang telah dimulai Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga.

Sebelumnya, Kolonel Roy Sinaga –sapaan akrabnya– juga mengaku, selama menjalankan amanah jabatan sebagai Dandim 0201/BS, dirinya sangat didukung oleh unsur Forkopimda Kota Medan.

Untuk itu, Kolonel Roy sangat berharap, dukungan serupa juga bisa diberikan kepada Komandan Kodim 0201/BS yang baru, Letkol Agus Setiandar.

“Selama menjabat, banyak kesan kebersamaan dan keakraban di antara sesama unsur Forkopimda Kota Medan. Karena itu, meskipun saya mendapat amanah jabatan sebagai Dosen Madya Seskoad, namun Medan akan selalu di hati dan Sumatera Utara dalam kenangan,” ungkap Abituren Akmil 1997 ini.

Selesai acara ramah tamah dan lepas-sambut Dandim 0201/BS, Kolonel Roy Sinaga didampingi Istri, Ny Jacqueline selanjutnya melakukan tradisi Pedang Pora pengantaran Dandim lama beserta istri, serta pelepasan sepasang burung Merpati ke udara.

“Terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar Kodim 0201/BS atas dukungan dan kerja samanya selama ini. Doakan kami di tempat penugasan yang baru,” ucap Roy mengakhiri penugasannya sebagai Dandim 0201/BS Medan.

Turut hadir dalam acara ramah tamah dan lepas-sambut Dandim 0201/BS ini, antara lain Plt Wali Kota Medan, Kapolrestabes Medan, Ketua PN Medan, Ketua DPRD Medan, Ketua MUI Medan, Kapolresta Deliserdang, Kapolresta Belawan, Danyonmarhanlan I Belawan, Dandim 0204/DS yang diwakili Kasdim, serta tamu dan undangan lainnya. (*/Zul)

*Sumber: Pendim 0201/BS

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed