oleh

Cegah Covid-19 di Kota Medan, Dandim 0201/BS Sarankan Pemberdayaan Peran Tiga Pilar

MedanEkspres | Medan – Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, menyarankan pemberdayaan peran Tiga Pilar guna optimalisasi pengawasan wabah Covid-19 di tengah warga Kota Medan.

Saran ini disampaikan Kolonel Roy Sinaga dalam rapat evaluasi Gugus Tugas Percepatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan yang digelar di Aula Gedung Dharma Wanita, Jln Rotan, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Rabu (8/4/2020).

“Terkait tugas pengamatan Covid-19, kami dari Kodim 0201/BS menyarankan pemberdayaan peran tiga pilar. Baik itu para Danramil, Lurah, Kapolsek, Babinsa dan Babinkamtibmas sampai dengan kepling, sehingga kita bisa mengetahui sampai ke bawah pengawasannya,” ucap Kolonel Roy Sinaga.

Cegah Covid-19 di Kota Medan, Dandim 0201/BS Sarankan Pemberdayaan Peran Tiga Pilar. (@ Pendim 0201/BS)

Pengawasan dengan melibatkan unsur tiga pilar, lanjut Kolonel Roy Sinaga, juga diberlakukan terhadap TKI maupun pemudik yang jumlahnya mencapai ribuan orang yang masuk ke wilayah Kota Medan.

“Kita tidak tahu tujuan mereka ke mana saja. Jadi jika ada TKI maupun pemudik yang kembali ke wilayah kita, mereka wajib melapor, selanjutnya dicek dan juga melakukan isolasi selama 14 Hari sesuai peraturan yang ada,” terangnya.

Oleh karena itu, Roy –sapaan akrabnya– sangat berharap dibentuknya suatu kelurahan ataupun dusun sebagai tempat karantina bagi TKI maupun pemudik yang kembali.

“Langkah seperti ini juga diharapkan bisa diikuti oleh 2000 lingkungan yang ada di Kota Medan, sehingga kita bisa lebih maksimal melakukan pencegahan maupun penularan Virus Corona kepada warga kota,” ucapnya.

Cegah Covid-19 di Kota Medan, Dandim 0201/BS Sarankan Pemberdayaan Peran Tiga Pilar. (@ Pendim 0201/BS)

Dalam rapat yang dipimpin Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution itu, Roy menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Medan yang telah diturunkan sampai tingkat kecamatan.

“Kodim 0201/BS bersama Polrestabes Medan setiap hari melaksanakan patroli, dan sampai saat ini masih tetap dilakukan, serta ada penambahan skala, yakni memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mentaati anjuran pemerintah,” pungkas Pamen TNI AD lulusan Akmil 1997 itu.

Sedangkan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menitikberatkan kepada seluruh tempat pelayanan umum untuk tidak menyediakan kursi dan meja.

“Yang berjualan silakan, asal makanannya di take way. Tidak ada tempat nongkrong lagi, begitu juga tempat pelayanan umum lainnya, semua tidak ada kursi tunggu,” tegasnya.

Cegah Covid-19 di Kota Medan, Dandim 0201/BS Sarankan Pemberdayaan Peran Tiga Pilar. (@ Pendim 0201/BS)

Rapat ini turut dihadiri Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Edizon Isir, SIK, dan segenap unsur Forkopimda Kota Medan.

Di antaranya Dandenpom I/5, Letkol Cpm Anggun Hendryantoro, Danyon Marhanlan I Belawan, Mayor Marinir Farick, Wakil Ketua DPRD Medan, H Rajudin Sagala, Kepala OJK Regional Sumbagut, Yusuf Anshori dan Ketua MUI Kota Medan, Prof Dr HM Hatta. (*/Zul)

*Sumber: Pendim 0201/BS

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed