oleh

TNI AU Kirim C-130H Hercules Jemput Logistik Kesehatan Anti Covid-19 ke Shanghai Cina

MedanEkspres | Malang – Sesuai surat permohonan Menhan RI Prabowo Subiyanto, Sabtu (21/3/2020) pagi, TNI AU telah memberangkatkan satu unit C-130H Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk memberangkatkan pesawat angkut berat C-130H Hercules ke Shanghai, Cina. Tujuannya untuk mengangkut logistik kesehatan buat penanganan virus corona yang telah dibeli oleh Pemerintah RI melalui Kemhan RI.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB menuju Lanud RSA di Ranai Natuna.

Setelah isi bahan bakar, tepat pukul 11.40 WIB take off dari Ranai melanjutkan penerbangan menuju Cina.

Adapun rute penerbangan adalah Malang- Natuna- Pulau Hainan-Shanghai dengan jarak tempuh 4.456 Km.

Sebanyak 20 kru pesawat dan pendukung beserta 2 personel dari Kemhan RI turut serta dalam misi ini.

“A-1333 melakukan dua kali transit (short stop) di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di tujuan utama yaitu Bandara Pudong di Shanghai. Sedangkan logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah diperkirakan seberat kurang lebih 9 ton. Jika tidak ada halangan, diharapkan hari Senin Pesawat akan tiba di tanah air,” ujar Kadispenau, Marsma TNI Fajar Adriyanto dalam siaran persnya.

Tentang C-130H Hercules, pesawat angkut ini memiliki maksimum normal payload 16,5 ton dan maksimum allowable payload sampai 19 ton.

Untuk misi kargo, C-130H Hercules dapat membawa 6 palet. Ditenagai empat mesin Allison T56-A-15 turboprops, pesawat dengan bobot maksimum saat tinggal landas 69,7 ton ini dapat melesat dengan kecepatan 589 Km per jam pada ketinggian 6 ribu meter. Dengan asumsi membawa payload 15 ton, jarak terbangnya bisa mencapai 2.407 Km. (*/zul)

*Sumber: Dispenau

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed