oleh

Hari Ke-2 Sosialisasi Siskomsat TA 2020, Prajurit Belajar Penerimaan Sinyal Satelit

MedanEkspres | Surabaya – Masuki hari ke-2 Penyegaran dan Sosialisasi Pengoperasian Sistem Komunikasi Satelit (Siskomsat) TA 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Elektronika Koarmada II, para peserta mendapatkan materi tentang penerimaan sinyal satelit yang digunakan untk menerima dan mengirim data atau VSAT, Selasa (3/3/2020).

VSAT sendiri merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yakni stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

Agar operator siskomsat dapat meningkatkan dan memahami peralatan komunikasi yang akan digunakan untuk kegiatan operasi dan latihan, Diskomlek menunjuk Mayor Laut (E) Suwarjianta untuk memberikan materi dalam kegiatan tersebut. Materi yang disampaikan antara lain tentang Siskomsat TNI AL, VSAT KRI, VSAT Komob dan VSAT Manpack.

“Saya berharap di hari kedua ini para peserta latihan sudah mulai mengetahui tahapan-tahapan awal dari mulai perencanaan, penyiapan, dan akhir dalam mencapai tujuan dan sasaran kegiatan secara optimal,” ujar Suwarjianta.

Menurut rencana para peserta yang berjumlah 30 orang gabungan Perwira, Bintara dan Tamtama yang berkecimpung dibidang Komlek dari kotama TNI AL di wilayah Surabaya dan Sorong ini, akan mengikuti kegiatan tersebut hingga tanggal 8 Maret 2020. (*/zul)

*Sumber: Dispen Koarmada II

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed