oleh

Inspektur Koarmada II Pimpin Wasrik di Lantamal V

MedanEkspres | Surabaya – Inspektur Komando Armada (Irkoarmada) II Kolonel Laut (T) Doddy Setyo Prambudi selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) bersama tim pengendali Tehnis Wasrik melaksanakan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya bertempat di Ruang rapat Mako Lantamal V, Surabaya, Rabu (12/2/2020).

Kegiatan yang dimulai sejak hari Senin tanggal 10 kemarin sampai dengan Kamis tanggal 20 februari 2020 yang akan datang menyasar pada pemeriksaan penerimaan dan penggunaan anggaran hasil pemanfaatan aset BMN yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, perencanaan dan pelaksanaan hibah uang dari Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya serta tindak lanjut terhadap pelaksanaan penanganan permasalahan tanah di jajaran Lantamal V yang diarahkan untuk dapat menilai tingkat ketaatan, ketertiban, efektif, efisien dan ekonomis serta pelaksanaan sistem pengendalian internal TA. 2019.

“Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, adil, transparan dan akuntabel harus kita sikapi secara serius dan sistematis oleh segenap jajaran penyelenggara negara dan harus memiliki komitmen bersama untuk menegakkan good governance dan clean government.

Pemerintah telah menetapkan sasaran dan arah kebijakan terwujudnya tata pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance)”, ungkap Doddy-sapaan akrab Irkoarmada II.

“Dengan adanya komitmen tersebut, maka kinerja atas penyelenggaraan organisasi pemerintah, termasuk TNI Angkatan Laut menjadi perhatian pemimpin untuk dibenahi, antara lain melalui sistem pengawasan yang efektif, dengan meningkatkan peran dan fungsi dari aparat pengawas intern pemerintah (APIP)”, lanjutnya.

Dody juga menjelaskan bahwa “Inspektorat Koarmada II sebagai APIP dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan berperan sebagai assurance dengan kegiatan berupa audit, reviu, pemantauan dan evaluasi juga sebagai consulting dengan kegiatan berupa advisory, fasilitative dan training (Pelatihan).

Selain itu, hasil penilaian BPK atas laporan keuangan Kemhan TNI tahun 2018 telah menghasilkan tiga dokumen laporan hasil pemeriksaan (LHP) yaitu LHP Opini, LHP sistem pengendalian intern dan LHP kepatuhan terhadap perundang-undangan.

“BPK RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap LK Kemhan TNI tahun 2018, dan telah terjadi peningkatan opini BPK dari tahun sebelumnya yakni Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” tandas Doddy.

Tampak hadir dalam giat tersebut Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, para pejabat utama Lantamal V, serta Tim Audit Itkoarmada II. (*/zul)

*Sumber: Dispen Koarmada II

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed