oleh

Dandim 0204/DS Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019

MedanEkspres | Lubuk Pakam – Komandan Kodim (Dandim) 0204/Deliserdang, Letkol Kav Syamsul Arifin, SE, MTr (Han) turut mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yang digelar di Alun-Alun Pemkab Deliserdang di Lubuk Pakam, Minggu (10/11/2019).

Upacara dipimpin Wakil Bupati Deliserdang, HMA Yusuf Siregar sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara, Kapten Arm Paidi, dan Perwira Upacara Kapten Kav Gawah Ketaren. Peserta upacara terdiri dari gabungan TNI-Polri, ASN Pemkab DS, Satpol PP, anggota Damkar, BPBD, FKPPI, Karang Taruna, mahasiswa Medistra, pelajar dan Pramuka.

Tampak hadir di upacara, antara lain Kapolres Deliserdang diwakili Kabag Ops Kompol Bambang R, Kajari Lubuk Pakam, Harli Siregar, SH, MH , Danramil 06/Lubuk Pakam, Kapten Arh JP Girsang, Ketua DPRD Deliserdang, para Asisten dan Staf Ahli Pemkab Deliserdang, pimpinan OPD Pemkab Deliserdang, anggota LVRI, dan Camat se Kebuapaten Deliserdang.

Dalam amanat tertulis Mensos RI yang dibacakan Wakil Bupati DS disebutkan, setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa ini sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Foto: Sinteldim 0204/DS

Pada pertempuran itu, rakyat bersatu padu dan berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri,” ucap Wabup DS.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang itu hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia. Dengan peringatan Hari Pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Sebagaimana ungkapan The Founding Fathers kita Bung Karno; hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar,” jelas Wabup DS.

Selain itu, peringatan Hari Pahlawan ini hendaknya dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Hal ini sesuai tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita Hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” ucap Wabup DS.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Foto: Sinteldim 0204/DS

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, dan terprovokasi untuk saling menghasut serta berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” pesan Wabub DS.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Pemkab Deliserdang ini juga diisi dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Irup, pembacaan teks UUD 1945 oleh Khairul Zein, pembacaan pesan pesan Pahlawan oleh Koptu Agusnawan dan Serma Purn Edi Hasibuan, serta doa yang dipimpin Kakan Kemenag DS, Tholibun Pohan. (*/zul)

*Sumber: Sinteldim 0204/DS

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed