7928KALI DIBACA

Personil Kodim 0201/BS dan Imigrasi Belawan Amankan 2 TKA Ilegal RRC

Personil Kodim 0201/BS dan Imigrasi Belawan Amankan 2 TKA Ilegal RRC
Foto: Pendim 0201/BS
banner 200x200

MedanEkspres | Medan – Imigrasi Belawan dibantu personil Kodim 0201/BS berhasil mengamankan dua tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal RRC di Desa Cinta Rakyat, Dusun X, Jln Turnamen Joyo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut.

Dua TKA itu bernama Lim Canggeng dan Ma Yuebing. Mereka diamankan karena tidak memiliki dokumen lengkap sebagai TKA. Keduanya bekerja sebagai teknisi mesin lief pada gudang walet di Desa Cinta Rakyat.

Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/11/2019) menjelaskan, pengamanan kedua TKA asal RRC itu dilakukan pada Selasa, 5 November 2019 pukul 12.15 Wib.

Foto: Pendim 0201/BS


“Pengamanan dilakukan Tim Inteldakim Imigrasi Kelas II Belawan yang dipimpin Rio bersama Babinsa jajaran Kodim 0201/BS dari Koramil 13/Percut Sei Tuan,” ucap Dandim.

Menurut Kolonel Roy Sinaga, kehadiran Babinsa Sertu Sunarto dari Koramil 13/PST ini adalah sebagai pendamping dalam proses pengamanan. Karena Babinsa bertanggungjawab dengan situasi dan kondisi wilayah binaannya, sehingga harus tanggap dan sigap dengan hal-hal yang menyangkut dokumen negara, apalagi dokumen identitas warga negara asing.

“Intinya, kami dari Kodim 0201/BS siap memberikan bantuan dan pendampingan dalam proses penertiban dan keamanan,” ucap abituren Akmil 1997 itu.

Saat proses pengamanan dilakukan, kedua TKA RRC ini sempat bertahan di dalam mobil dan tidak mau keluar. Kemudian Babinsa mengadakan negoisasi langsung dengan pemilik pabrik, sehingga akhirnya kedua TKA itu mau menyerahkan diri untuk diambil keterangannya.

Foto: Pendim 0201/BS


“Keduanya sebagai pekerja teknik mesin lief, dan sebelumnya seminggu lalu sudah pernah disurati pihak Imigrasi Belawan namun belum ditanggapi, sehingga pihak Imigrasi didampingi Babinsa kita melalui komunikasi berhasil mengamankan keduanya,” tukas Kolonel Roy Sinaga.

Penangkapan dua TKA ilegal RRC ini juga disaksikan Kades Cinta Rakyat, Suhendro, ST, Kadus X, Nurman dan tokoh masyarakat setempat. (*/zul)

*Sumber: Pendim 0201/BS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below