oleh

Pimpin Upacara Bendera, Satgas Pamtas Yonif 132/BS Tumbuhkan Nasionalisme Pelajar di Perbatasan

MedanEkspres | Miomaffo Barat – Untuk menumbuhkan nasionalisme pelajar di perbatasan RI-RDTL (Republic Democratic of Timor Leste), personil Satgas Yonif 132/BS tampil menjadi Inspektur Upacara Bendera di SD Katholik Desa Manusasi, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten TTU Kupang, Senin (21/10/2019).

Upacara bendera yang diikuti seluruh pelajar dan guru SD Katholik Desa Manusasi ini dipimpin langsung Komandan Pos Manusasi Satgas Pamtas Yonif 132/BS, Letda Inf Prabudi.

Foto: Pen Yon-132

Sejumlah personil Satgas Yonif 132/BS turut mendampingi Danpos Manusasi dalam kegiatan ini. Mereka adalah Praka Rijal, Praka Puji, Pratu Yadi, Pratu Kasrul dan Prda I Wayan.

Dalam amanatnya, Danpos Manusasi menyampaikan, upacara bendera yang dilaksaanakan ini bertujuan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda sejak usia bangku sekolah dasar.

Foto: Pen Yon-132

Karena itu, Letda Inf Prabudi mengajak peserta upacara untuk tetap bersemangat dalam bela negara, sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap berdiri dengan kokoh.

“Para pelajar sebagai generasi muda adalah tumpuan dan harapan penerus bangsa. Karenanya, untuk menumbuhkan rasa kebangsaan, kalau tidak dari sekarang kapan lagi. Sebab bangsa kita bisa maju kalau generasinya mencintai kebudayaan, bangsa dan negaranya sendiri,” ungkap Letda Prabudi.

Foto: Pen Yon-132

Selain itu, dalam upacara yang diikuti lebih dari 100 siswa, mulai kelas 1 hingga kelas 6 beserta para guru, Danpos Manusasi juga mengatakan, bahwa anak-anak harus bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah serta harus taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan patuh terhadap nasehat guru dan orang tua.

Sementara itu, Kepala SD Katholik Desa Manusasi, Freddy Naif, SPd memberikan apresiasi kepada TNI atas kesediaannya menjadi Irup di sekolahnya.

Amanat upacara bendera yang disampaikan personil Satgas Yonif 132/BS tadi, diyakini akan menambah wawasan bela negara para siswa didik di sekolah ini.

“Karenanya, kami berharap supaya ke depan hal yang positif ini dapat ditingkatkan lagi agar pelaksanaan kegiatan upacara di sekolah kami dapat berjalan lebih hikmat dan baik, serta bisa memberikan motivasi dan semangat baru kepada para siswa didik,” ungkap Freddy Naif. (*/zul)

*Sumber: Pen Yon-132

banner 200x200

banner 200x200

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed