868KALI DIBACA

Genjot Pendapatan Petani, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan Pertanian

Genjot Pendapatan Petani, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan Pertanian
Foto: Sinteldim 0204/DS
banner 200x200

MedanEkspres | Sipispis – Salah satu cara meningkatkan pendapatan petani, adalah melakukan pembekalan ilmu tentang bercocok tanam yang benar.

Guna mewujudkan hal itu, maka Satgas TMMD 106 Kodim 0204/Deliserdang menggelar penyuluhan pertanian di Kantor Desa Silau Padang, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Rabu (9/10/2019) malam. Kegiatan ini dikerjasama dengan Dinas Pertanian Pemkab Sergai.

Dalam kegiatan penyuluhan yang diikuti 47 warga setempat, Kepala Distan Sergai yang diwakili Zulkarnain Nasution, SIP menjelaskan, para petani di Desa Silau Padang perlu diberikan pemahaman tentang tata cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Karena, lanjut Zulkarnain, menjadi petani adalah profesi mulia, dimana hasil daya dan usaha petani menjadikan orang bisa mendapatkan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

“Oleh sebab itu, untuk menjadi petani yang benar harus memiliki tekad dan kesungguhan. Di antaranya tidak mudah terpengaruh dengan tanaman yang belum dipahami dan diketahui tata cara pembudidayaannya,” ucap Zulkarnain.

Sampai tahap ini, lanjutnya, seorang petani masih memerlukan lagi tambahan ilmu di bidang bercocok tanam. Yakni, bijak dalam memberdayakan lahan untuk memaksimalkan produktivitas hasil panen.

“Dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan, maka seorang petani bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal, dan hasil panen melimpah tentunya akan ikut meningkatkan pendapatan petani untuk menjadi lebih sejahtera,” urainya.

Tahapan berikutnya, kata Zulkarnai, adalah keharusan bagi seorang petani untuk mengetahui kadar tanah pada lahan penanaman bibit atau benih.

“Pengetahuan akan kadar tanah juga berpengaruh besar terhadap produktivitas panen, sehingga hal ini juga mutlak diketahui seorang petani,” terangnya.

Di kesempatan ini, Zulkarnain juga menegaskan, penyuluhan yang digelar ini merupakan wujud perhatian TNI melalui Kodim 0204/DS dan Pemkab Sergai terhadap upaya meningkatkan budidaya bidang pertanian bagi warga Desa Silau Padang.

“Melalui penyuluhan bidang pertanian dalam program TMMD 106 Kodim 0204/DS ini, baik TNI maupun pemerintah sama-sama punya satu keinginan, yakni mewujudkan desa yang lebih maju dan makmur di masa berikutnya,” pungkas Zulkarnain.

Turut hadir di acara, antara lain Kepala Desa Silau Padang, Razali Purba yang diwakili Plh Kades, Hari Setiawan, Kadus III, Perli Purba, Kadus IV, M Yusuf, Kadus l, Pungut Saragih, Kadus II, J Situmorang, tokoh masyarakat, Jedin Situmorang, dan tokoh agama, Erwin. (*/zul)

*Sumber: Sinteldim 0204/DS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below