1262KALI DIBACA

Peduli Warisan Budaya, Satgas Yonif 132/BS Bangun Rumah Adat di Perbatasan RI-RDTL

Peduli Warisan Budaya, Satgas Yonif 132/BS Bangun Rumah Adat di Perbatasan RI-RDTL
Foto: Pen Yon-132
banner 200x200

MedanEkspres | Malaka – Sebagai wujud nyata kepedulian TNI terhadap warga di perbatasan RI-RDTL (Republic of Democratic Timor Leste), Satgas Pamtas Yonif 132/BS ikut membantu warga membangun rumah adat di Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Malaka, Selasa (08/10/2019) .

Anggota Pos Ailala Kipur III (3) yang dipimpin oleh Danpos Sertu Median Haryanto Pasaribu bersama 5 orang anggota terjun langsung bersama warga Alas, Kabupaten Malaka bahu membahu memikul sebatang kayu yang sesuai adat istiadat setempat disebut kayu pemali.

Foto: Pen Yon-132


Disebut kayu pemali, karena proses pencarian kayu ini melalui berbagai tahapan ritual adat. Kayu pemali ini berfungsi sebagai tiang utama rumah adat. .

Saat penggambilan kayu pemali dari hutan, bersama anggota Pos Ailala Kipur III Satgas pamtas RI-RDTL Yonif 132 Bima Sakti ikut berpartisipasi, turut menggambil bagian mengangkat kayu pemali tersebut dari hutan bersama-sama dengan warga.

Foto: Pen Yon-132


Apalagi di musim kemarau panjang ini, panas terik matahari tidak menjadi penghalang bagi anggota Pos Ailala untuk memikul kayu bersama warga sampai ke kampung.

Danpos Ailala, Sertu Median Haryanto Pasaribu mengatakan, kehadiran anggota Satgas Pamtas Yonif 132/BS dalam acara adat tersebut bertujuan untuk menjalin kerja sama antara Prajurit TNI dengan masyarakat dan membantu meringankan beban masyarakat khusus nya yang ada di perbatasan, apalagi saat memikul kayu pemali tersebut membutuhkan banyak orang. .

Foto: Pen Yon-132


Selain itu, dengan membaurnya anggota Pos Ailala, bertujuan agar mereka bisa lebih dekat dengan masyarakat guna menjaga hubungan dan memelihara sinergitas TNI bersama Rakyat benar-benar terwujud,”ungkapnya .

Foto: Pen Yon-132


Benyamin Suri selaku Tokoh Adat di wilayah Desa Alas Utara mewakili masyarakat Dusun Lakuran Desa Alas Utara mengucapkan rasa terima kasih dan bangga kepada personel TNI terutama nya yang ada di Pos Ailala Kipur III (3) Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, yang telah peduli dalam kegiatan gotong royong bersama masyarakat membantu pengangkatan Kayu Pamali dari hutan dusun Lakuran untuk membuat Rumah Adat di Dusun Lakuran Desa Alas Utara. (*/zul)

*Sumber: Pen Yon-132

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below