6874KALI DIBACA

Pimpin Upacara HUT Ke-74 TNI, Pangdam I/BB Datang Naik Rantis Brimob

Pimpin Upacara HUT Ke-74 TNI, Pangdam I/BB Datang Naik Rantis Brimob
Foto: Pendam I/BB
banner 200x200

MedanEkspres | Medan – Tidak seperti biasanya, kali ini Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah datang naik kendaraan taktis (Rantis) Brimob Polda Sumut menuju lokasi upacara peringatan HUT ke-74 TNI Tahun 2019 di Apron Alfa Bravo Eks Bandara Polonia Medan, Sabtu (5/10/2019).

Kehadiran Pangdam di atas rantis Brimob Polda Sumut ini, tak urung menarik perhatian seluruh peserta upacara yang lebih dulu tiba di lokasi.

Foto: Pendam I/BB


Prosesi upacara yang dipimpin Pangdam I/BB sebagai Inspektur Upacara (Irup) diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan mengheningkan cipta, pengucapan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI, serta diakhiri dengan pembacaan amanat tertulis Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP.

Berbagai kegiatan menarik turut mewarnai jalannya upacara. Di antaranya devile Prajurit TNI dari tiga matra, PNS TNI, Satpol PP, ormas, mahasiswa dan pelajar. Tak ketinggalan, devile kendaraan tempur (Ranpur) dan Rantis juga ikut menyemarakkan upacara.

Foto: Pendam I/BB


Bahkan, atraksi bela diri militer yang lama dinanti-nanti warga masyarakat, juga ditampilkan, sehingga mengundang aplaus (tepuk tangan) dan decak kagum warga.

Acara semakin bertambah semarak, manakala Pangdam I/BB bersama Gubsu dan rombongan Forkopimda turut berjoret ria dengan dipandu instruktur saat penampilan Tarian Bukit Barisan digelar.

Foto: Pendam I/BB


Semua Prajurit TNI, anggota Polri, PNS TNI, Satpol PP, ormas, mahasiswa dan pelajar berbaur menjadi satu mengikuti rentak irama Tarian Bukit Barisan.

Pangdam mengatakan, rangkaian acara diperingatan HUT ke-74 TNI wilayah Medan ini merupakan pesta rakyat, dan dibuat untuk rakyat.

Foto: Pendam I/BB


“Semarak kegiatan pada peringatan HUT ini sesuai dengan tema yang diangkat, yakni TNI Profesional Kebanggaan Rakyat. Karena TNI adalah Tentara Pejuang, dan Tentara Rakyat, yang lahir dari rakyat, mengabdi untuk rakyat dan akhirnya kembali ke rakyat,” ucap Pangdam.

Hal senada disampaikan Gubsu, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi. Menurutnya, TNI dengan Rakyat ibarat ikan dengan air. “Ikan akan mati tanpa air, dan begitu juga TNI tidak akan ada apa-apanya tanpa didukung rakyat,” jelas mantan Pangkostrad ini.

Foto: Pendam I/BB


Tampak hadir di acara, antara lain Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsma TNI Djohn Amarul, SAB, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Untung Budiharto, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh Setyawibawa, Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, para PJU 3 Matra dan Polri, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan para pejabat sipil pemerintahannya lainnya. (*/zul)

*Sumber: Pendam I/BB

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below