4519KALI DIBACA

Peduli Korban Gempa Maluku, Satgas Yonif RK 136/TS Gelar Yankes dan Bagikan Sembako

Peduli Korban Gempa Maluku, Satgas Yonif RK 136/TS Gelar Yankes dan Bagikan Sembako
Foto: Pen Yon RK-136
banner 200x200

MedanEkspres | Maluku – Sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati kepada masyarakat korban gempa di Kota Ambon, Pulau Haruku, dan Pulau Seram, Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti menggelar bakti sosial pelayanan kesehatan, serta pembagian sembako di daerah penugasan, Rabu (2/10/2019).

“Pembagian sembako dan pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa empati kami kepada korban bencana gempa yang melanda Kota Ambon, Pulau Haruku dan Pulau Seram beberapa waktu yang lalu,” ujar Pasiminlog Satgas, Lettu Inf Zaki Pratama.

Foto: Pen Yon RK-136


Seperti diketahui, pada Kamis 26 september 2019, gempa magnitudo 6.8 Skala Richter mengguncang Provinsi Maluku. Gempa kuat ini untung saja tidak memicu terjadinya Tsunami.

“Sejak dilanda gempa, hingga hari ini masih banyak warga yang memilih untuk mengungsi di bukit atau dataran tinggi dengan tenda yang disediakan atau swadaya dari masyarakat,” jelas Zaki Pratama.

Foto: Pen Yon RK-136


Dikatakannya, melihat kondisi warga yang masih mengungsi, Dansatgas Pam Rahwan Yonif RK 136/TS langsung memerintahkan personil untuk turun membantu warga masyarakat korban gempa.

“Pada kesempatan kali ini kami memiliki kewajiban untuk membantu meringankan beban masyarakat. Adapun paket sembako yang sudah disiapkan kami berikan kepada Posko Dencana Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah dan selanjutnya di Desa Kailolo, Pulau Haruku,” terang Zaki.

Foto: Pen Yon RK-136


Sedangkan untuk pelayanan kesehatan, lanjutnya, sudah diberikan sejak hari pertama pasca gempa. Karena gempa tidak hanya mengguncang Kota Ambon namun berdampak juga kepada warga di Pulau Seram, Haruku dan Saparua.

Karenanya, jajaran atau Pos Satgas yang berada di wilayah itu langsung mengirimkan personel kesehatan untuk mengantisipasi apabila ada warga yang sakit atau terluka akibat gempa.

Foto: Pen Yon RK-136


Zaki mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terhasut dengan isu-isu yang tidak benar atau hoax, mari kita percayakan sepenuhnya kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Propinsi Maluku untuk mencari data statistik tentang gempa. (*/zul)

*Sumber: Pen Yon RK-136

banner 200x200

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below