6804KALI DIBACA

Kiat Jitu Dandim 0201/BS Turunkan Tensi Massa Mahasiswa

Kiat Jitu Dandim 0201/BS Turunkan Tensi Massa Mahasiswa
Foto: Pendim 0201/BS
banner 200x200

MedanEkspres | Medan – Ricuh gelombang demo ribuan massa mahasiswa dari beberapa kampus di Kota Medan, Jumat (27/9/2019) kembali pecah di depan Gedung DPRD Sumut, Jln Imam Bonjol dan kawasan sekitarnya.

Aksi lempar batu dari massa mahasiswa ke arah gedung wakil rakyat maupun ke aparat Kepolisian dari Polrestabes Medan yang berjaga, akhirnya dibalas tembakan gas air mata dan terjangan Water Canon.

Foto: Pendim 0201/BS


Kocar kacir dan lari menyelamatkan diri, itulah yang akhirnya dialami barisan massa mahasiswa. Dan seperti aksi dua hari sebelumnya, Markas Kodim 0201/BS di Jln Pengadilan yang hanya berjarak 150 meter dari gedung wakil rakyat, pun kembali menjadi tempat teraman untuk berlindung.

Melihat massa mahasiswa lari berserabutan menyelamatkan diri, Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, kembali tampil untuk menenangkan.

Foto: Pendim 0201/BS


Kepada massa, Kolonel Roy Sinaga –begitu ia akrab disapa– menegaskan kalau menyampaikan aspirasi dengan cara berdemonstrasi tidaklah dilarang. Namun penyampaian aspirasi haruslah dengan cara baik.

“Kalau tujuan tidak baik apalagi merusak, itu namanya bukan mahasiswa. Jangan sampai malah nanti dibilang generasi pembuat kekacauan,” sebut abituren Akmil 1997 itu.

Foto: Pendim 0201/BS


Perwira Menengah dengan melati tiga di pundak itu melanjutkan, situasi yang memanas saat ini sudah reda. Banyak kerusakan terjadi akibat pelemparan batu. Salah satu di antaranya di DPRD Sumut.

Kerusuhan demonstrasi di Medan, tentunya akan menyebar melalui pemberitaan media massa hingga Youtube.

Selepas itu, mantan Kapendam I/BB ini menanyakan apakah massa akan kembali melanjutkan demonstrasi atau ingin pulang?

Foto: Pendim 0201/BS


Mendengar pertanyaan itu, massa dengan kompak menjawab ingin pulang. “Kalau memang mau pulang, nanti saya akan kordinasi dengan Kapolrestabes soal pemulangan kalian,” tukas suami dari Ny Jacqueline itu.

Foto: Pendim 0201/BS


Roy mengingatkan massa kalau semuanya adalah bersaudara. “Coba lihat ke kanan kiri kalian, kita semua ini bersaudara. Kalau sepakat bersaudara, ayo salaman,” ujarnya yang spontan disambut aplaus massa.

Sebelum menutup arahannya, Roy mengajak massa untuk berdoa sesuai ajaran agama masing-masing. (*/zul)

*Sumber: Pendim 0201/BS

banner 200x200

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below