870KALI DIBACA

Desa Bersinar, Solusi Serka K Ginting untuk Kegelisahan Warga Talun Kenas

Desa Bersinar, Solusi Serka K Ginting untuk Kegelisahan Warga Talun Kenas
Foto: Koramil 20/TK, Kodim 0204/DS
banner 200x200

MedanEkspres | Talun Kenas – Para orang tua di Desa Talun Kenas, Kecamatan Sinembah Tj Muda Hilir, Kabupaten Deliserdang, mengaku gelisah dengan peredaran narkoba yang kian marak di wilayah sekitar tempat tinggalnya.

Warga menerangkan, dampak narkoba tidak saja meracuni orang dewasa, tetapi juga para remaja, bahkan sudah menjangkiti para pelajar.

“Kami warga desa sangat khawatir bahaya narkoba semakin tidak terbendung. Karenanya, kami minta bantuan bapak-bapak tentara untuk membantu mengatasi masalahnya,” ucap seorang ibu dari Desa Talun Kenas, Rabu (18/9/2019).

Ungkapan kegelisahan ibu tadi, merupakan satu dari sekian banyak curahan hati (curhat) warga desa kepada Serka K Ginting, Babinsa Koramil 20/Talun Kenas, Kodim 0204/Deliserdang.

Menyahuti masalah ini, Serka K Ginting menerangkan bahwa Kodim 0204/DS melalui Koramil 20/TK memiliki program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang implementasinya melalui kegiatan Rabu Bersinar.

Program Desa Bersinar atau Rabu Bersinar ini, lanjut Serka K Ginting, merupakan gerakkan yang dilakukan bersama antara aparat hukum, perangkat desa dan warga desa dalam mencegah masuknya narkoba ke wilayah.

“Narkoba sudah menjadi musuh bersama bangsa Indonesia. Karenanya, upaya memeranginya tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, tetapi harus secara bersama-sama, sehingga dampaknya bisa diredam agar tidak semakin meluas,” terang Serka K Ginting.

Foto: Koramil 20/TK, Kodim 0204/DS


Salah satu cara mewujudkan Desa Talun Kenas sebagai Desa Bersinar, ucap Serka K Ginting, adalah dengan membangun kepedulian terhadap narkoba.

“Misalnya, setiap ada warga yang tidak dikenali memasuki wilayah desa, agar warga berkoordinasi dengan perangkat desa atau kepada aparat hukum,” urainya.

“Bantuan warga berupa laporan tentang kondisi wilayah tempat tinggalnya, akan sangat memengaruhi upaya memerangi narkoba. Karena, aparat hukum tidak akan maksimal dalam melakukan pemberantasan, tanpa mendapat dukungan dari warga masyarakat,” pungkas Serka K Ginting. (*/zul)

*Sumber: Kodim 0204/DS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below