740KALI DIBACA

Rabu Bersinar, Babinsa Koramil 10/SR Komsos Bahaya Narkoba di Warkop

Rabu Bersinar, Babinsa Koramil 10/SR Komsos Bahaya Narkoba di Warkop
Foto: Koramil 10/SR, Kodim 0204/DS

MedanEkspres | Sei Rampah – Meski di warung kopi (warkop) sekalipun, Babinsa Koramil 10/Sei Rampah, Kodim 0204/Deliserdang, Kopda Wahyudi tetap melaksanakan tugas pembinaan teritorial (Binter) di wilayah desa binaannya.

Seperti di Warkop Pak Paidi di Dusun VII, Desa Simpang Empat, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Rabu (11/9/2019), misalnya.

Di sini, Kopda Wahyudi melaksanakan komunikasi sosial (komsos) tentang narkoba yang perlu diwaspadai dan diperangi secara bersama dengan para pemuda dusun setempat.

Dijelaskan Kopda Wahyudi, narkoba adalah singkatan dari narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya), yakni bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologis.

“Saat ini, bangsa kita telah menyatakan narkoba sebagai musuh utama yang harus diperangi oleh seluruh komponen bangsa, tidak saja personil TNI dan Polri, tetapi juga segenap warga sipil. Karena, narkoba mengincar generasi muda yang menjadi penerus bangsa kita ke depan,” terang Kopda Wahyudi.

Foto: Koramil 10/SR, Kodim 0204/DS


Upaya memerangi narkoba di kalangan warga, lanjutnya, adalah dengan aktif mengawasi perkembangan dan pergaulan anak-anak. Kemudian membangun kepedulian dengan situasi di lingkungan tempat tinggal masing-masing, serta membantu memberi informasi kepada aparat negara terhadap keberadaan peredaran gelap narkoba di wilayah sekitarnya.

“Kami para Prajurit TNI, khususnya Babinsa dari Koramil 10/Sei Rampah jajaran Kodim 0204/Deliserdang, akan terus melakukan upaya pencegahan narkoba, salah satunya melalui program Rabu Bersih Narkoba (Bersinar). Dari program ini, kami berharap Dusun VII, Desa Simpang Empat ini akan menjadi Desa Bersinar ke depannya,” pungkas Kopda Wahyudi. (*/zul)

*Sumber: Kodim 0204/DS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below