750KALI DIBACA

Kapendam I/BB Hadiri Peringatan HUT Ke-74 RRI di Stasiun Medan

Kapendam I/BB Hadiri Peringatan HUT Ke-74 RRI di Stasiun Medan
Foto: Pendam I/BB

MedanEkspres | Medan – Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi diwakili Letkol Inf Rio Purwantoro sebagai Wakil Kapendam I/BB, turut menghadiri acara peringatan HUT ke-74 Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) di Stasiun Medan, Jln Gatot Subroto Medan, Rabu (11/9/2019).

Dalam acara peringatan HUT kali ini, Kepala Stasiun RRI Medan, Nawir, membacakan sambutan tertulis Direktur Utama LPP RRI, M Rohanudin yang menjelaskan tentang filosofi dari salah satu program unggulan radio plat merah ini, yaitu, Kentongan.

Foto: Pendam I/BB


Dia menjelaskan, Kentongan yang dimaksud adalah simbol filosofi program penyelamat kehidupan manusia dari bencana. Sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan akan bencana alam.

“Karena guncangan demi guncangan yang hadir dan terjadi di Indonesia terus bertambah. Seperti tahun 2017, dilaporkan BMKG terjadi lebih dari 7 ribu guncangan besar dan kecil, tahun 2018 naik menjadi kurang lebih 13 ribu guncangan,” kata Nawir membacakan isi pidato Dirut RRI dalam sambutan perayaan HUT ke-74 Tahun 2019.

Dikatakan Nawir, program unggulan yang digiatkan melalui radio, dan secara online ini juga membangun mobilisasi komunikasi antara RRI dengan gubernur, bupati, wali kota, camat dan lurah.

Komunikasi itu terus digerakkan untuk tetap membudidayakan Kentongan sebagai tanda komunikasi dengan masyarakat luas, di kampung-kampung, di desa-desa, sebagai suatu kebiasaan yang merakyat.

“Suatu tanda kita harus secara bersama meningkatkan kewaspadaan mandiri,” imbuhnya.

Foto: Pendam I/BB


Nawir menguraikan, Dirut LPP RRI menekankan bahwa program Kentongan secara filosofis dihadirkan RRI sebagai alat pemandu, dan tanda pengingat. Program ini dipilih karena sejak nenek moyang kita, kentongan telah melekat, dan benar-benar melekat, menjadi kearifan lokal bangsa Indonesia.

“Maka siaran Radio Republik Indonesia yang tersebar di 105 stasiun RRI seluruh Indonesia punya kewajiban besar untuk memberikan pencerdasan kesiapsiagaan kita akan datangnya bencana,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara, di antaranya perwakilan Polda Sumut dan Polrestabes Medan, perwakilan Kejati Sumut, dan para tamu serta undangan lainnya. (*/zul)

*Sumber: Pendam I/BB

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below