197KALI DIBACA

Yonif 133/Yudha Sakti Gelar Latihan Pratugas Ops Pamtas RI-Malaysia

Yonif 133/Yudha Sakti Gelar Latihan Pratugas Ops Pamtas RI-Malaysia
Foto: Penrem 032/Wbr
banner 200x200

MedanEkspres | Padang – Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti melakukan latihan persiapan Pratugas dalam rangka Operasi Pengamanan Perbatasan (Ops Pamtas) RI- Malaysia.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad selaku Inspektur Upacara yang mewakili Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P pada upacara pembukaan latihan penyiapan Pratugas Operasi Pamtas Darat RI-Malaysia Satgas Yonif 133/YS, Senin (26/8/2019) di Lapangan Yonif 133/YS, Air Tawar Padang, Sumatera Barat.

Danrem 032/Wbr dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 032/Wbr menyampaikan bahwa kegiatan latihan penyiapan pratugas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Prajurit Yonif 133/Yudha Sakti untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia secara berhasil dan berdaya guna.

Foto: Penrem 032/Wbr


Seluruh prajurit yang tergabung dalam latihan penyiapan pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan ini nantinya akan dibekali dengan berbagai macam materi meliputi kemampuan taktik dan teknik bertempur, kemampuan binter, kemampuan intelijen dan hukum yang sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP).

Untuk itu, keempat kemampuan tersebut harus terintegrasi dengan baik secara perorangan maupun satuan, sehingga Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti berangkat ke daerah operasi dengan kepercayaan diri yang tinggi dan tidak ada keraguan dalam berpikir dan bertindak.

Setelah kegiatan upacara pembukaan latihan, Danrem 032/Wbr juga memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit Yonif 133/Yudha Sakti. Dalam pengarahannya, Danrem menekankan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonif 133/Yudha Sakti agar benar-benar melaksanakan kegiatan latihan ini, pedomani dan yakini bahwa latihan itu penting.

Lebih lanjut disampaikan oleh Danrem bahwa operasi perbatasan itu punya ciri khas sendiri, istilahnya “Frontier” (orang terdepan). Untuk itu, maka setiap prajurit yang nantinya melaksanakan tugas Ops Pamtas ini harus pintar dan cerdas dalam menjaga perbatasan, jaga kekompakkan, koordinasi yang baik dengan aparat setempat sehingga batas kedaulatan Bangsa dan Negara dapat terjaga dengan baik.

Foto: Penrem 032/Wbr


Kegiatan latihan yang dilaksanakan selama 3 minggu ini, untuk medan latihan yang disiapkan akan dibuat dan disesuaikan semirip mungkin dengan situasi serta kondisi yang ada di daerah operasi perbatasan nantinya, sehingga pelaku latihan memiliki gambaran situasi operasi didaerah yang sesungguhnya.

Upacara pembukaan penyiapan latihan pratugas ini diikuti oleh para Perwira, Bintara, Tamtama, Pelatih, tim pendukung, serta seluruh anggota Yonif 133/yudha Sakti.

Turut hadir di acara, para Kasi dan juga para Dansat Kabalak di jajaran Korem 032/Wbr. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara, adalah Wadanyonif 133/YS, Mayor Inf Jaya Sandana Sinulingga. (*/zul)

*Sumber: Penrem 032/Wbr

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below