116KALI DIBACA

Kuatkan Sinergitas, Babinsa Koramil 01/Sumbul Komsos dengan Perangkat Desa

Kuatkan Sinergitas, Babinsa Koramil 01/Sumbul Komsos dengan Perangkat Desa
Foto: Koramil 01/Sbl, Kodim 0206/Dairi

MedanEkspres | Sumbul – Fungsi Babinsa di lapangan atau di wilayah binaan sangat diperlukan untuk menunjang salah satu tugas teritorial Kodim dan TNI AD pada khususnya. Komunikasi sosial (Komsos) merupakan salah satu metode Binter (pembinaan teritorial) yang dilakukan oleh Babinsa di lapangan untuk menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan peran, fungsi, visi dan misi serta kebijakan pemerintah maupun TNI AD.

Hal tersebut harus dilaksanakan secara rutin, terencana, bertingkat dan berlanjut dengan dukungan oleh seluruh perangkat desa dan komponen masyarakat di wilayah binaan.

Seperti pelaksanaan komsos Babinsa Koramil 01/Sumbul, Kodim 0206/Dairi, Kopda Zul Harahap dengan perangkat pemerintahan di Desa Laksa, Kecamatan Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi, Selasa (20/8/2019).

Dalam kegiatan Komsos tersebut, Kopda Zul Harahap melaksanakan silahturahmi kepada perangkat desa serta memantau situasi dan kondisi wilayah. Dalam silahturahmi Babinsa memberikan arahan agar perangkat desa selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan desa.

Perangkat desa sebagai mata di desa harus segera tanggap akan perkembangan sitiasi. Dan apabila ada hal-hal yang menonjol segara diselesaikan dan laporkan ke Babinsa agar suatu masalah segera diatasi.

Perangkat desa agar tidak kecolongan akan perkembangan desanya terutama yang berkaitan dengan Narkoba dan Teroris yang sedang meningkat saat ini.
Hal ini dilakukan agar segera melakukan Cegah Dini dan mengatasi situasi yang aman dan kondusif.

Kopda Zul Harahap juga menyampaikan kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lingkungan melalui kegiatan Siskamling dan ronda malam.

Foto: Koramil 01/Sbl, Kodim 0206/Dairi


Kopda Zul Harahap juga berpesan agar warga berhati-hati tanpa maksud mencurigai setiap warga pendatang dan setiap tamu yang datang.

Dengan adanya Komsos yang dilaksanakan Babinsa secara rutin, diharapkan dapat berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan masyarakat yang ada di wilayah binaan.

Di samping itu juga, Babinsa senantiasa mengetahui program apa saja yang ada di setiap wilayah desa binaan, sehingga dapat mencari solusi dan langkah-langkah yang hendak diambil.

“Harapan kita selanjutnya tetap terjalin sinergitas antara Babinsa, masyarakat dan perangkat Desa Laksa, sehingga dapat terciptanya kerukunan dalam lingkungan desa,” katanya. (*/zul)

*Sumber: Penrem 023/KS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below