170KALI DIBACA

Komandan Puslat Opsla Kodiklatal Buka Latihan Penegakan Hukum di Laut

Komandan Puslat Opsla Kodiklatal Buka Latihan Penegakan Hukum di Laut
Foto: Pen Kodiklatal

MedanEkspres | Surabaya – Komandan Pusat Latihan Operasi Laut (Danpuslatopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Hendri Supriyanto secara resmi membuka Latihan Penegakan Hukum di Laut yang dilaksanakan di Ruang Rapat Puslatopsla kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Surabaya, Selasa (20/8/2019). Bertindak sebagai Danup adalah Komandan Satlatmala Puslatopsla, Letkol Laut (P) Jarot Wibisono.

Latihan Penegakan Hukum di Laut yang akan dilaksanakan selama lima hari tersebut melibatkan 100 orang dengan rincian 65 orang pelaksana latihan sedangkan sisanya 35 orang merupakan pendukung. Bertindak sebagai pemimpin umum Latihan Komandan Kodiklatal, Direktur Latihan Komandan Puslatopsla Kolonel Laut (P) Hendri Supriyanto, sedangkan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dijabat Letkol Laut (P) M Anwar yang sehari harinya menjabat Komandan Satlatmatlat Puslatopsla.

Komandan Puslatopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Hendri Supriyanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa latihan penegakan hukum di laut yang akan dilaksanakan di khususkan dalam hal penyelesaian berkas perkara sebelum diserahkan ke Pangkalan terdekat atau pemberkasan pada tingkat KRI.

Menurutnya dalam tugas-tugas satuan tersebut tidak menutup kemungkinan profesionalisme ataupun keterampilan prajurit diperlukan dalam melaksanakan tugas pemberkasan kapal terutama bagi prajurit yang berdinas di KRI, profesionalisme seorang prajurit tentunya tidak akan pernah tercapai tanpa adanya latihan yang rutin dan terukur.

Oleh karena itu sesuai dengan salah satu program kerja Pusat Latihan Operasi Laut Komandan Puslatopsla berharap penyelenggaraan latihan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan program yang telah direncanakan dan dapat dilaksanakan dengan penuh keyakinan dan tanggung jawab timbulkan inovasi-inovasi baru baik dari pihak penyelenggara maupun peserta latihan agar tercipta suasana latihan yang harmonis dan tidak monoton serta memanfaatkan fasilitas dan sarana prasarana secara maksimal.

Foto: Pen Kodiklatal


Pelatihan penegakan hukum di laut yang melibatkan personel dari beberapa satker diperlukan adanya kerja sama yang baik dalam pembagian tugas, hal ini perlu mendapatkan pelatihan tersendiri mengingat pada pelaksanaan diperlukan Sinergi dan interoperabilitas agar mampu mencapai tugas pokok yang diberikan oleh komando atas.

Tujuan dari latihan ini adalah sebagai pedoman dan menyamakan pola pikir Pola sikap dan pola tindak dalam penyelenggaraan latihan penegakan hukum di laut Tahun Anggaran 2019, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai sasaran latihan.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah peserta diharapkan memahami hukum atau undang-undang yang berkaitan tindak pidana di laut. Selain itu, peserta diharapkan memahami prosedur dan organisasi keamanan laut, termasuk peserta juga diharapkan memahami prosedur penyidikan dan pemberkasan KRI. (*/zul)

*Sumber: Pen Kodiklatal

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below