137KALI DIBACA

Pimpin Upacara HUT Ke-74 RI, Danrem 023/KS Sampaikan Amanat Pangdam I/BB

Pimpin Upacara HUT Ke-74 RI, Danrem 023/KS Sampaikan Amanat Pangdam I/BB
Foto: Penrem 023/KS
banner 200x200

MedanEkspres | Sibolga – Komandan Korem (Danrem) 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Tri Saktiyono memimpin pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Makorem 023/KS, Jln Datuk Itam No.1 Sibolga, Sabtu (17/8/2019).

Dalam upacara yang diikuti seluruh personil Korem 023/KS serta Dinas Jawatan, Danrem yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan amanat tertulis Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah.

Dikatakan Pangdam I/BB, kemerdekaan dan kebebasan yang dirasakan saat ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa, serta para pendahulu yang telah berjuang dan berkorban jiwa raga.

Dengan proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945, mereka telah membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dan penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri.

Foto: Penrem 023/KS


Pangdam mengatakan, tidak ada klaim bahwa kemerdekaan itu diraih berkat jasa sekelompok orang. Karena para pejuang saat itu tidak mengenal pertentangan SARA (Suku , Agama, Ras dan Antargolongan). Semuanya bersatu, rela berkorban demi satu tujuan, lepas dari penjajahan yang menyengsarakan rakyat dan seluruh bangsa Indonesia.

“Dari sejarah itu, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendoakan para pahlawan bangsa, serta mengucap syukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini,” ucap Pangdam I/BB.

“Bagi TNI –Angkatan Darat, kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya, yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya. Kodam I/BB selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana bersama Polri dan komponen bangsa lainnya, juga turut menunjukkan perannya dalam menjaga kawasan perbatasan bekerjasama dengan institusi pemerintah lainnya,” papar Pangdam I/BB.

Foto: Penrem 023/KS


“Para prajurit yang ada di perbatasan, di daerah konflik, di wilayah terpencil, di pulau terluar, dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alasan sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat, dan dihormati di dunia,” tegas abituren Akmil 1988 itu.

Oleh karena itu, selaku pangdam I/BB dan pribadi disampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara semua, para Prajurit, dan PNS, beserta keluarga besar Kodam I/Bukit Barisan, lebih khusus lagi, kepada mereka yang telah berkorban jiwa raga, terluka, dan gugur demi tugas negara.

Pangdam juga menyampaiakn bahwa peringatan hari proklamasi tahun ini kita mengusung tema “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU.” hal ini menunjukkan bahwa keunggulan sumber daya manusia adalah modal utama kita untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang untuk maju.

Foto: Penrem 023/KS


Untuk itu, mari kita wujudkan tekad tersebut dengan meningkat-kan profesionalisme, kinerja, dan dedikasi di bidang tugas kita masing-masing, sebagai sumbang-sih kita untuk kemajuan Kodam I/ Bukit Barisan, bangsa¬, dan negara.

Upacara dihadiri Kasrem 023/KS, para Kasi korem 023/KS, para Kabalakaju Korem 023/KS, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS (*/zul)

*Sumber: Penrem 023/KS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below