74KALI DIBACA

Melalui MPLS, Kodim 0308/Prm Tanamkan Wasbang dan Latih PBB Siswa SMKN 1 Pariaman

Melalui MPLS, Kodim 0308/Prm Tanamkan Wasbang dan Latih PBB Siswa SMKN 1 Pariaman
Foto: Kodim 0308/Prm
banner 200x200

MedanEkspres | Pariaman – Untuk menanamkan disiplin, sikap cinta tanah air dan semangat bela negara dapat dilakukan melalui berbagai cara oleh TNI. Salah satunya dengan mendukung kegiatan masa pengenalan lingkungam sekolah (MPLS) tahun ajaran baru kepada peserta didik.

Seperti yang dilaksanakan Kodim 0308/Pariaman saat MPLS. Atas permintaan pihak sekolah SMK Negeri I Pariaman, Kodim 0308/Prm diundang untuk memberikan pembekalan wawasan kebangsaan (Wasbang),pelatihan peraturan baris berbaris (PBB) dan Bela Negara serta tata cara pengibaran dan menaikan bendera. Kegiatan MPLS SMKN 1 Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020 mulai 18-20 Juli 2019.

Upacara pembukaan yang dipimpin Pasi Opsdim 0308/Pariaman Lettu Czi Delri Putra dan diikuti oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Pariaman Erizal, S.Pd, MM para dewan guru ,anggota Kodim 0308/Pariaman dan 416 siswa baru di Halaman SMKN 1 Pariaman.

Dalam sambuatannya, Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Pariaman, Erizal S.Pd MM menyampaikan bahwa pelaksanaan MPLS tahun ini mengangkat tema yaitu “Menanamkan Ideologi Pancasila kepada peserta didik Baru SMKN 1 Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020.

“Hari ini kita melaksanakan MPLS yang diikuti oleh peserta didik baru dengan jumlah 416 siswa. Kita juga menggandeng Kodim 0308/Pariaman melalui Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto S.Sos,karena kami menilai dunia pendidikan ini bisa sukses dan berhasil, kuncinya adalah kedisiplinan, “katanya.

Lebih lanjut, Kepsek SMKN 1 Pariaman Erizal S.Pd MM juga menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini selain mendisiplinkan siswa juga untuk mendisiplinkan guru. Sehingga tercapai tujuan dalam keberhasilan pembelajaran.

“Pertama mereka mengenal lingkungan, mengenal guru, dan mengenal teman-temannya. Kegiatan ini juga kita titik fokuskan untuk menanamkan kembali ideologi Pancasila. Supaya mereka bisa mengingat, serta lebih dekat dengan budaya bangsa Indonesia, “terangnya.

Sementara itu, Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto melalui Pasi Opsdim 0308/Pariaman Lettu Czi Delri Putra mengatakan bahwa akan ada tujuh pemateri dari anggota Staf Kodim dan Babinsa akan mengisi kegiatan MPLS.

Foto: Kodim 0308/Prm


Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena ini juga untuk kebaikan para generasi muda kita sebagai generasi penerus bangsa. Sehingga nanti mereka mempunyai bekal kepribadian, kemampuan, skill sesuai dengan apa yang diharapkan bangsa dan negara. “Melalui kegiatan MPLS ini TNI turut mencerdaskan anak bangsa,” ujar Dandim 0308/Pariaman

Pasi Opsdim 0308/Pariaman Lettu Czi Delri Putra menjelaskan bahwa materi yang akan diberikan oleh anggota Staf Kodim dan Babinsa Koramil 01/Pariaman dalam kegiatan ini meliputi, Wawasan Kebangsaan,PBB, penghormatan, tata cara menghadap guru di sekolah, menghadap orang lebih tua, dan orang yang dituakan, serta kegiatan Out Boond.

“Materi ini tepat sekali kita sampaikan, karena generasi sekarang ini pengertian tentang 4 Pilar Kebangsaan sangat minim, di sini juga akan kita kenalkan tentang wawasan kebangsaan, wawasan nusantara, maupun Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa,” tutup Pasi Opsdim.(*/zul)

*Sumber: Kodim 0308/Prm

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below