oleh

Danramil 04/PS Dukung Khitanan Massal di Kecamatan Pinangsori

MedanEkspres | Tapteng – Danramil 04/Pinangsori, Kodim 0211/ Tapanuli Tengah, Kapten Inf Mansyur H Alam mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan sunat massal di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (11/7/2019).

Menurut Danramil, khitanan atau sunat massal adalah salah satu contoh kegiatan sosial yang bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani, serta sebagai salah satu ajaran yang telah ditetapkan dalam Islam baik laki-laki maupun perempuan.

“Melalui seorang anak dianjurkan arti pentingnya kesehatan dan kebersihan badan terutama alat kelamin. Fungsinya untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah syarat sahnya ibadah,” ucap Danramil.

Khitanan juga mempunyai faedah bagi kesehatan, karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri dan bau yang tidak sedap.

Sunatan massal biasanya dilakukan kepada keluarga yang tidak mampu yang biasanya diselenggarakan pada musim liburan anak sekolah.

Seperti pelaksanaan khitanan massal yang diselenggaran oleh PBNU Pinangsori dan disponsori Bupati Tapanuli Tengah, digelar di sekolah MTsN 2 Pinangsori.

Kegiatan ini mendapat sambutan antusias warga. Terbukti dari banyaknya jumlah peserta khitanan massal yang mencapai 50 orang.

Foto: Koramil 04/PS, Kodim 0211/TT

Bupati Tapteng yang diwakili Kadis PMD, Sunardi, SSos menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sangat mendukung kegiatan sosial seperti ini. Tak lupa, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil 04/Pinangsori dan jajarannya yang memberikan support penuh untuk suksesnya acara ini.

“Kami dari Muspida Kabupaten Tapanuli Tengah mengucapkan banyak terima kasih kepada Koramil 04/Pinangsori atas terselenggaranya acara ini. Karena adaya kerja sama yang baik, sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Turut hadir di acara, antara lain Kadis Capil, Ermansyah Rin Lubis, Kadis Kesehatan, Nursam, Kakan Diklat, Samsul Bahri Hutabarat, Camat Pinangsori, Parahum Muda Siregar, BA, Kapolsek Pinangsori yang diwakili Bripka Camra P, Ketua Panitia Khitanan Massal, Drs H Alfan Surya Hutagalung, para lurah se Kecamatan Pinangsori, Kepala MTsN dan para guru, ibu-ibu perwiritan Kecamatan Pinangsori, Pemuda Ansor, perwakilan para tokoh ulama dan masyarakat Pinangsori yang keseluruhannya mencapai 200 orang. (*/zul)

*Sumber: Penrem 023/KS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed