184KALI DIBACA

Donor Darah RSAL Dr Ramelan Menyasar Kotama TNI AL Wilayah Surabaya

Donor Darah RSAL Dr Ramelan Menyasar Kotama TNI AL Wilayah Surabaya
Foto: redaksi_mec

MedanEkspres | Surabaya – Dalam rangka memeringati HUT ke-69, RSAL Dr Ramelan Surabaya menggelar bakti sosial donor darah, Rabu (14/8/2019).

Acara dihelat di Gedung Bakordik (Badan Koordinasi Pendidikan), dan dipimpin langsung Kepala Rumah Sakit ( KARUMKITAL) Laksamana Pertama TNI dr Ahmad Samsulhadi sekaligus bertindak sebagai pendonor.

Donor darah kali ini menyasar 300 lebih personil dari seluruh Kotama TNI AL wilayah Surabaya beserta keluarga (militer, PNS, PHL). Bahkan siswa dari Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) juga ikut mendonorkan darah.

Foto: redaksi_mec


Satu komitmen dari orang nomor satu di RSAL ini, bahwa donor darah dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Bukan tujuan utama pendonor mengharapkan mendapatkan piagam setelah sekian kali.

Pelaksanaan donor ini sangat mendapat perhatian dari Kotama (Komando Utama) TNI AL wilayah Surabaya yang terdiri dari Koarmada II, Kdiklatal, AAL, Lantamal V, Pasmar 2, UPT Mabesal, Pusnerbal baik militer, PNS, dan PHL. Tak ketinggalan, anggota Jalasenastri dari sejumlah Kotama juga turut andil dengan berbondong-bondong mendonorkan darahnya.

Foto: redaksi_mec


Menurut Karumkit, rumah sakit ini adalah rumah sakit milik bersama, milik TNI, prajurit, keluarga, purnawirawan dan siswa. “Komitmen Kepala Staf TNI Anagkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukama Adji, SE, MM, menjadikan pasien-pasien untuk dimuliakan, dilayani dengan baik bahkan pasien dari masyarakat umum juga mendapatkan pelayanan di sini,” tuturnya.

Ketua Panitia HUT ke69 Rumkit Dr Ramelan, Kolonel Laut (K) dr Andi Abdullah, SpOT didampingi Ketua Pelaksana Donor Darah, Letkol Laut (K/W) Ririn Lestari Ningsing, SE, MM serta Ketua Ranting E Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Mabesal, Ny Retno turut mendampingi peserta donor selama kegiatan berlangsung.

Peserta akan bertambah terus karena semakin siang masih ada yang berdatangan. “Mudah-mudahan akan melebihi target yang dicanangkan sebelumnya dari 300 peserta lebih,” katanya.

Namun hasil akhir menunjukkan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 325 orang, dan yang dinyatakan lolos/skrining sebanyak 211 orang sebagai pendonor.

Foto: redaksi_mec


Para pendonor darah dari panitia gabungan RSAL dan PMI UTD Kota Surabaya menyediakan secara cuma-cuma mocha Ice Ceam (dari sponsor PT UniChem Candi Indonesia), sembako yang terdiri dari (1 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 kg susu dan 5 bungkus mie instan).

Foto: redaksi_mec


Sebagai pelaksana kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-69 RSAL Dr Ramelan Surabaya ini adalah personil dari PMI Embong Plosos Surabaya dengan melibatkan 15 orang yang dipimpin langsung oleh Totok Sudarto yang kesehariannya selaku Dewan Kehormatan PMI UTD ( Unit Tranfusi Darah) Kota Surabaya.

“Menjadi harapan PMI dan jajarannya adalah masyarakat bisa membudayakan donor darah. Salam Kemanusiaan,” pungkasnya. (*/dar).

*Sumber: redaksi_mec

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below