185KALI DIBACA

Antisipasi Karhutla, Korem 031/WB Bersama PT PJB Kelola Lahan Kosong Menjadi Asri

Antisipasi Karhutla, Korem 031/WB Bersama PT PJB Kelola Lahan Kosong Menjadi Asri
Foto: Penrem 031/WB

MedanEkspres | Pekanbaru – Dalam rangka melaksanakan program Satgas Karhutla, Korem 031/WB bersama PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan Raya mengadakan kegiatan sosialisasi pencegahan karhutla yang melalui penghijauan kembali dengan penanaman bibit pohon, pemberian bantuan bibit ikan dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan yang dihadiri oleh Komandan Korem (Danrem) 031/WB Brigjen TNI M. Fadjar MPICT yang diwakili oleh Kasi Ops Korem 031/WB Kolonel Inf Patar Sitorus, GM PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan Raya Agus Prasetyo Utomo, Dandim 0301/Pbr Letkol Inf Andri Sulistyawan S. Sos, Sekretaris Camat Tenayan Raya A. Benazier SIP, Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso, para Pasi Kodim, Para Danramil se Kodim, para Lurah se Kecamatan Tenayan Raya, dan tamu undangan.

Foto: Penrem 031/WB


Dalam sambutan GM PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan Raya Agus Prasetyo Utomo mengatakan bahwasanya akan selalu mendukung program – program yang dikonsep oleh Korem 031/WB maupun pemerintah dalam mencegah serta menanggulangi bencana Karhutla yang kerap terjadi tiap tahunnya di Provinsi Riau.

“Ini upaya kita dalam mengajak masyarakat agar dapat melestarikan lingkungan melalui pengelolaan lahan dengan benar sehingga bermanfaat bagi masyarakat tanpa merugikan satu pihak manapun,” ujar Agus.

Ia pun menjelaskan, kegiatan pemberdayaan ribuan jenis bibit ikan serta penanaman pohon yang akan dilakukan secara bertahap bertujuan untuk mengingatkan kembali penting lingkungan yang bersih dan asri menuju masyarakat yang sejahtera.

“Ide dan inisiatif ini terlebih dahulu kita telah berkoordinasi dengan pihak Koramil 05/Sail, mengingat diwilayah tempat perusahaan kami berada banyak lahan yang tidak berfungsi (lahan tidur, red) maka kami sepakat dengan jajaran koramil akan melakukan sosialisasi tentang dampak bahaya karhutla bagi kesehatan. Sehingga melalui pembinaan pelestarian lingkungan ini kepada masyarakat ini yaitu penanaman pohon dan pembenihan bibit ikan, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat kedepannya,” tutup Agus.

Sementara itu, Kasi Ops Korem 031/WB Kolonel Inf Patar Sitorus menjelaskan Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) disaat kunjungan ke Riau, bahwasanya pencegahan menjadi prioritas utama sebelum terjadinya karhutla yang dapat merugikan kesehatan masyarakat hingga perekonomian negara.

“Salah satunya upaya pencegahan yaitu merubah mindset (pola pikir) masyarakat kearah pelestarian lingkungan yang kita lakukan bersama PT. PJB UBJOM PLTU saat ini.” Ujar Kasi Ops Korem 031/WB.

Untuk mewujudkan itu, menurutnya Korem 031/WB akan terus selalu bekerja sama dengan pemerintah dan instansi perusahaan agar dapat berupaya mensosialisasikan dampak bahaya karhutla kepada masyarakat di propinsi Riau khususnya wilayah rawan bencana yang terdapat di lahan – lahan gambut.

“Kegiatan ini merupakan contoh baik yang dapat membantu kita dalam menanggulangi karhutla kedepannya. Tentu kita akan menyampaikan kepada seluruh jajaran Satgas karhutla agar pengelolaan lahan dapat bermanfaat bagi masyarakat seperti diwilayah Kecamatan Tenayan Raya ini.” tutup Kasi Ops Korem 031/WB.

Ditempat terpisah, Sekretaris Camat Tenayan Raya A. Benazier SIP menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pihak PT. PJB dan Korem 031/WB yang bersedia memperhatikan masyarakat maupun peduli terhadap lingkungan sekitar.

Foto: Penrem 031/WB


“Kami sangat mengapresiasikan upaya pelestarian lingkungan yang ditaja oleh pihak PT. PJB dan Korem 031/WB. Memang kita akui sampai saat ini masyarakat masih belum banyak mengetahui bagaimana membuka lahan tanpa merugikan kita semua. Selama ini cara praktisnya yaitu dengan membakar lahan, yang akan membuat sengsara bagi kehidupan maupun perekonomian di masyarakat. Untuk itu, melalui bantuan bibit ikan dan penanaman pohon yang telah kita terima ini agar bisa kita jaga bersama sebaik mungkin.” ujar Sekcam Tenayan Raya.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama sekaligus meninjau beberapa lahan yang kedepannya akan juga dikelola dengan baik sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. (*/zul)

*Sumber: Penrem 031/WB

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below