152KALI DIBACA

Wujudkan Lingkungan Sehat, TNI-Polri dan Kommas di Desa Pegajahan Bersinergi dalam Jumat Bersih

Wujudkan Lingkungan Sehat, TNI-Polri dan Kommas di Desa Pegajahan Bersinergi dalam Jumat Bersih
Foto: Koramil 07/Pb, Kodim 0204/DS

MedanEkspres | Medan – Sejumlah Babinsa Koramil 07/Perbaungan, Kodim 0204/Deliserdang yang dipimpin Serka Romi bersama Kapolsek Perbaungan dan anggota serta komponen masyarakat (Kommas) lainnya, melakukan gotong royong pembersihan parit di sepanjang Jalan Protokol Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) , Jumat (9/8/2019).

“Sinergitas dalam gotong royong di program Jumat Bersih ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih di Desa Pegajahan, baik terhadap bahaya penyakit DBD maupun banjir karena tumpatnya saluran drainase,” kata Serka Romi di sela kegiatan.

Gotong royong masal ini dimulai sekitar pukul 09.00 Wib padi tadi. Aparat kecamatan, mulai dari sekcam, para kepala desa dan kepala dusun, mahasiswa KKN dari Unimed dan UMN Al Washliyah sebanyak 40 orang, Karang Taruna, UPT Puskesmas Pegajahan, anggota Paskibra Kecamatan Pegajahan, Satgas Narkoba Kecamatan Pegajahan, serta elemen masyarakat lainnya dari Desa Pegajahan, ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Serka Romi menjelaskan, gotong royong masal dalam program Jumat Bersih seperti ini, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat. Sasaran pembersihan adalah lingkungan sekitar tempat tinggal warga masyarakat yang berada di wilayah teritorial Koramil 07/Perbaungan.

Foto: Koramil 07/Pb, Kodim 0204/DS


“Program Jumat Bersih ini merupakan satu dari sejumlah kegiatan unggulan Kodim 0204/DS dalam rangka optimalisasi pembinaan teritorial (Binter), di samping sebagai upaya membudayakan gotong royong yang merupakan warisan leluhur dan ciri khas bangsa Indonesia,” tukasnya.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, juga sebagai sarana motivasi bagi warga masyarakat agar membudayakan hidup sehat. Antara lain tidak membuang sampah sembarangan, dan membersihkan tempat-tempat yang menjadi genangan air guna menghindari berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk Aedes Aegpty yang menyebabkan DBD. (*/zul)

*Sumber: Kodim 0204/DS

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below