418KALI DIBACA

Gerak Cepat Babinsa Koramil 23/Adiankoting Melokalisir Kebakaran Lahan

Gerak Cepat Babinsa Koramil 23/Adiankoting Melokalisir Kebakaran Lahan
Foto: Koramil 23/Adk, Kodim 0211/TT

MedanEkspres | Adiankoting – Babinsa Koramil 23/Adiankoting, Kodim 0210/Taput, Serda Suharmon bersama instansi terkait dan warga masyarakat berhasil memadamkan kobaran api yang membakar lahan perkebunan di Dusun Simatemate, Desa Dolok Nauali, Kecamatan Adiankoting.

Menurut Serda Suharmon, kebakaran di atas lahan seluas satu hektar ini berhasil dipadamkan pada Selasa (6/8/2019) sore pukul 17.00 Wib. Sementara kebakarannya sudah berlangsung sejak Senin (5/8/2019) sore.

Foto: Koramil 23/Adk, Kodim 0211/TT


“Kebakaran di lahan milik Washington Hutagalung ini terjadi karena ulahnya yang membuka lahan dengan cara membakar. Padahal warga sudah mengingatkannya, namun tak diindahkan,” ucap Serda Suharmon.

Saat memberikan penjelasan ini, Serda Suharmon baru saja kembali dari kediaman Washington Hutagalung. “Saya sudah menegur pemilik lahan, dan mengingatkannya untuk tidak mengulangi, karena konsekuensinya bisa dikenakan tindakan pidana,” jelasnya.

Diuraikan Serda Suharmon, kebakaran lahan perkebunan semakin membesar mulai pukul 20.00 Wib. Asap yang semakin mengepul dan kobaran api yang kian menyala, membuat Washington Hutagalung kelabakan sendiri.

Foto: Koramil 23/Adk, Kodim 0211/TT


“Akhirnya dia melapor kepada kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Dan saya langsung turun ke lokasi bersama warga serta intansi terkait lainnya untuk memadamkan api,” ucap Serda Suharmon.

Diterangkan Serda Suharmon, dalam kesempatan pertama atas peristiwa ini, dirinya telah melapor kepada Danramil, Kapten Inf Sugino. “Atas petunjuk Danramil, saya diarahkan untuk berkoordinasi dengan kepala desa, serta meminta bantuan Pemadam Kebakaran dan melokalisir agar kebakaran tidak meluas,” terangnya.

Berkat kesigapan semua pihak yang turun ke lokasi, kebakaran dapat diatasi sekitar pukul 20.45 Wib. “Ada dua unit Damkar dari Pemkab Taput yang diturunkan dengan pimpinan Jepta Samosir (48),” ungkap Serda Suharmon.

Foto: Koramil 23/Adk, Kodim 0211/TT


Sementara, Kepala Desa Dolok Nauli, P Sinaga mengucapkan terima kasih atas partisipasi Babinsa, Bhabinkamtibmas, unit Damkar dan warga masyarakat yang bahu membahu memadamkan kobaran api.

“Kesigapan Babinsa Serda Suharmon yang menghubungi unit Damkar Pemkab Taput menjadi faktor penting dalam upaya memadamkan kebakaran di lahan milik Washington Hutagalung ini,” pungkas P Sinaga. (*/zul)

*Sumber: Penrem 023/KS

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below