131KALI DIBACA

Kodim 0312/Padang Simulasikan Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami ke Seluruh Warga

Kodim 0312/Padang Simulasikan Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami ke Seluruh Warga
Foto: Kodim 0312/Padang

MedanEkspres | Padang – Kodim 0312/Padang, Korem 032/Wirabraja, Kodam I/Bukit Barisan melaksanakan simulasi siaga bencana gempa bumi dan tsunami kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (1/8/2019).

Simulaskota)tigasi bencana yang dikerjasamakan dengan BPBD Kota Padang ini bertujuan untuk melatih kepekaan warga kota dalam menghadapi bencana alam.

“Latihan melibatkan pelajar di jajaran Yayasan Kartika Jaya baik SD maupun SMP, masyarakat dan para sopir angkot yang tergabung dalam driver Saiyo Sakato Kota Padang, serta jajaran Lantas Polrestabes Padang,” kata Dandim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha di sela kegiatan.

Foto: Kodim 0312/Padang


Dijelaskan mantan Danyon Zipur 1/DD Medan ini, sesuai UU No.34 Tahun 2004 Pasal 7, bahwa TNI mempunyai Tugas Pokok melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan salah satunya adalah dalam hal membantu menanggulangi akibat bencana alam.

Menyangkut kerja sama yang ikut melibatkan dengan sopir angkutan kota (angkot), Dandim mengatakan tujuannya untuk menjadikan para sopir sebagai relawan kebencanaan. “Saat bencana, para sopir ini akan ikut membantu proses evakuasi masyarakat ke zona aman tsunami yang diperkirakan muncul sekitar 20 menit setelah gempa berkekuatan 8 SR,” jelas Dandim.

Dengan pelibatan sopir angkot, maka proses evekuasi warga kota bisa dimaksimalkan dalam waktu yang sempit di bawah 20 menit setelah gempa.

Karenanya, melalui simulasi mitigasi bencana ini, para sopir akan lebih sigap dan bertindak cerdas menghadapi bencana dan sangat dibutuhkan untuk membantu evakuasi dalam waktu singkat menuju ke zona aman, dengan menggunakan rute terdekat,” urainya.

Selain itu Kodim 0312/Padang juga mendorong Pemerintahan Daerah melalui BPBD Kota Padang untuk bisa menyosialisasikan SOP kepada para sopir angkot bagaimana bertindak dalam situasi terjadinya bencana gempa yang berpotensi Tsunami.

“Diharapkan dengan menjadikan pemilik dan sopir angkot di Kota Padang sebagai mitra dalam mengatasi bencana, akan membuat tenang para pengunjung dari luar Kota Padang. Karena mereka merasa terjamin keselamatannya dengan keberadaan angkot yang tersebar di seluruh kota,” pungkas Dandim.

Foto: Kodim 0312/Padang


Sementara, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah yang turut hadir, menyampaikan ucapan terima kasih pihaknya kepada Dandim 0312/Padang atas inisiatifnya melibatkan sopir angkot sebagai relawan untuk proses evakuasi warga saat bencana.

“Ini ide yang luar biasa, yakni dengan memerankan seluruh warga Kota Padang yang lebih peduli terhadap bahaya bencana dan mengerti bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi gempa. Dukungan dari pemilik dan sopir angkot juga merupakan bahagian penting dalam hal menciptakan suasana kondusif saat menghadapi bencana”, jelasnya mengakhiri. (*/zul)

*Sumber: Kodim 0312/Padang

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below