68KALI DIBACA

4 Tahun Tanpa Listrik, Kini Dusun Klawik Terang Benderang Berkat Satgas 301

4 Tahun Tanpa Listrik, Kini Dusun Klawik Terang Benderang Berkat Satgas 301
Foto: Pendam XII/Tpr

MedanEkspres | Kapuas Hulu – Setelah 4 tahun hidup dalam gelap, warga Dusun Klawik, Desa Mensiaw, Kecamatan Lanjak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kini bisa merdeka dapat menikmati terang di waktu malam.

Hal ini terjadi setelah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Malaysia Yonif Raider 301/Pks berhasil memperbaiki pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang selama ini mengalami kerusakan.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks, Letkol Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (31/7/2019).

“PLTS yang dibangun pemerintah di wilayah perbatasan yang ada tepat di belakang bangunan SD Negeri 11 Klawik selama ini rusak sehingga tidak lagi beroperasi selama 4 tahun karena tidak ada perawatan dan tidak ada yang dapat memperbaiki ketika ada kerusakan,” ujarnya.

Ia mengatatakan, dengan rusaknya PLTS yang merupakan satu-satunya pembangkit listrik di Dusun Klawik membuat aktivitas masyarakat di Dusun Klawik terganggu, sedangkan anak-anak tidak bisa belajar pada malam hari serta sebagian warga harus mengunakan lampu pelita dari minyak tanah yang itupun sangat sulit untuk mendapatkannya.

“Melihat keadaan Dusun Klawik yang darurat listrik dan adanya keluhan serta permintaan masyarakat setempat kepada Satgas Yonif Raider 301/Pks sehingga Danpos Klawik, Serka Eko Hariadi beserta 8 personel yang memiliki pengalaman di bidang kelistrikan melakukan perbaikan PLTS,” tutur Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks.

Ia kembali mengatakan, Satgas Yonif Raider 301/Pks, bertekad berbuat terbaik, ikhlas, dan jujur dalam melaksanakan perbaikan dengan memeriksa satu per satu komponen PLTS di Kampung Banda, kemudian memperbaiki yang rusak. Beberapa di antara perangkat, seperti pengisian baterai PLTS sudah rusak kemudian diperbaiki oleh Satgas Pamtas.

“Selama satu pekan memperbaiki dan mengganti komponen yang rusak, akhirnya Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Pks berhasil menghidupkan PLTS di Dusun Klawik dan kemudian memasang kembali kabel listrik ke rumah warga,” ucap Letkol Inf Andi Hasbullah.

“Perbaikan PLTS di Dusun Klawik salah bukti upaya Satgas Pamtas Yonif 301/Pks dalam mengatasi kesulitan masyarakat di perbatasan yang merupakan beranda terdepan NKRI,” ucapnya menambahkan.

Foto: Pendam XII/Tpr


Yohanes Adi Putra, Kepala Dusun Klawik menyampaikan terima kasih kepada satgas karena rumah mereka kembali teraliri listrik dan dapat menerangi lagi Dusun Klawik.

“Anak-anak sekolah bisa belajar, menonton TV dan ibu-ibu setelah pulang dari kebun bisa masak,” ujar Yohanes Adi Putra.

Masyarakat Dusun Klawik, lanjut bergembira karena rumah-rumah mereka sudah terang dan lampu jalan di kampung dapat bersinar kembali sembari disambut tawa gembira dari para siswa SD Negeri 11 Dusun Klawik. (*/zul)

*Sumber: Pendam XII/Tpr

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below