74KALI DIBACA

Lanud Maimun Saleh dan Satrad 233 Latihan Simulasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Lanud Maimun Saleh dan Satrad 233 Latihan Simulasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami
Foto: Pen Lanud Mus

MedanEkspres | Sabang – Sebanyak satu pleton personil Lanud Maimun Saleh dan Satrad 233 mengikuti Pembukaan Pelaksanaan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami oleh BPBD Kota Sabang, Selasa (30/07/2019), bertempat di Lapangan Bola Kaki Lam Nibong Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

Keterlibatan Personel Lanud Maimun Saleh dan Satrad 233 adalah sebagai Pendukung dan pelaksanaan Gladi lapangan yang bertajuk satgas BPBD Kota Sabang siap menghadapi bencana secara terencana, Terkoodinasi dan terpadu. Upacara pembukaan di pimpin oleh Sekda Pemko Sabang Drs. M. Zakaria.

Kegiatan simulasi ini, selain untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan/menambah pengetahuan kepada para pelajar serta masyarakat tentang cara penanggulangan jika terjadi bencana.

Amanat Walikota Sabang yang dibacakan oleh Sekda Kota Sabang a.n Drs. M. Zakaria diantaranya, Dalam kehidupan kita sehari-hari kabar bencana telah menjadi berita yang tak asing lagi, baik dimedia ataupun lainnya, ada tiga kemungkinan diantaranya karena manusianya sendiri yang mengakibatkan bencana terjadi.

Satu hal yang perlu kita ketahui bencana datang tidak bisa diduga untuk itu mari kita bangun kepedulian tentunya dengan didukung oleh semua pihak tidak hanya dipundak Pemerintah saja.

Tragedi bencana Tsunami di Aceh pada abad 21 yang sangat memilukan terjadi di Serambi Mekkah pada 26 Desember 2014 dan terjadi dibeberapa negara, dari bencana tersebut Aceh yang terbanyak memakan ribuan korban jiwa, untuk itu dalam simulasi ini dilaksanakan secara terencana, terpadu dan terkordinir sehingga menuai hasil maksimal dalam penanggulangan bila terjadi bencana.

Simulasi merupakan salah satu metode latihan yang dilaksanakan semua unsur dimaksudkan dapat meningkatkan satuan petugas, perorangan maupun kelompok dengan diawasi agar tercapainya tujuan latihan.

Melalui simulasi kali ini dapat terjalin silaturahmi antara unsur Forkopimda dan Stakeholder serta masyarakat, kami ucapkan terimakasih kepada BPBD Provinsi dan daerah Sabang semoga dengan kerja keras serta komitmen kita bersama tercapainya tujuan dan dengan mengharap Ridha Allah SWT.

Latihan ini melibatkan beberapa unsur diantanyanya unsur terkait seperti Lanud Maimun Saleh, Lanal, Kodim 0112 dan Polres, Polsek Sabang, BPBD Kota Sabang, Basarnas Kota Sabang, Damkar Kota Sabang, BMKG Kota Sabang, Camat Sukakarya, Tagana, Rafi Sabang. PMI Sabang, Pramuka Sabang, BPBA Sabang, RSUD Kota Sabang, RT/RW, Pramuka dan masyarakat setempat. (*/zul)

*Sumber: Pen Lanud Mus

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below