130KALI DIBACA

Kodam I/BB Sosialisasikan Cegah Tangkal Paham Radikalisme ke Pelajar dan Mahasiswa se Kota Medan

Kodam I/BB Sosialisasikan Cegah Tangkal Paham Radikalisme ke Pelajar dan Mahasiswa se Kota Medan
Foto: Pendam I/BB

MedanEkspres | Medan – Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan melaksanakan sosialisasi cegah tangkal paham radikalisme/separatisme kepada seluruh pelajar tingkat SMU sederajat dan mahasiswa se Kota Medan, Sumatera Utara.

Sosialisasi yang akan digelar secara marathon dan bergilir dari satu ke sekolah atau kampus lainnya di Kota Medan, Senin (29/7/2019) dimulai dari Kampus Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia Medan, Jln Kapten Muslim, Kecamatan Medan Helvetia.

Foto: Pendam I/BB


Sosialisasi dipimpin langsung Asiten Teritorial (Aster) Kasdam I/BB, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung. Peserta sosialisasi terdiri dari 500 mahasiswa USM Indonesia Medan beserta para staf, dosen maupun tenaga pengajar.

Acara diawali dengan sambutan pembuka acara dari Rektor USM Indonesia Medan yang diwakili Pembantu Rektor III bidang Kemahasiswaan. Kemudian penyampaian materi sosialisasi oleh Aster Kasdam I/BB yang bertindak sebagai narasumber.

Foto: Pendam I/BB


Dalam paparannya, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung menyampaikan, sosialisasi cegah tangkal paham radikalisme/separatisme ini merupakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu dalam rangka Serbuan Teritorial TNI AD TA 2019 terhadap Komponen Masyarakat (Kommas).

Melalui kegiatan ini, diharapkan tidak saja terjalin komunikasi sosial (komsos) yang sehat, dan harmonis antara Kodam I/BB dengan Komponen Masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal paham radikalisme, tetapi juga untuk meningkatkan pemahaman komunikasi sosial dalam mendukung Tugas Pokok TNI terkait Pembinaan Teritorial.

“Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan, dan mencegah generasi muda terpapar paham radikalisme yang akhirnya menjurus kepada aksi terorisme,” sebut Aster Kasdam I/BB.

Foto: Pendam I/BB


Radikalisme merupakan embrio lahirnya terorisme. Radikalisme merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai-nilai yang ada secara drastis lewat kekeraan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrem.

Ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari sikap dan paham radikal. Yakni:
1. Intoleran (tidak mau menghargai pendapat dan keyakinan
orang lain).
2. Fanatik (selalu merasa benar sendiri dan menganggap orang lain
salah).
3. Eksklusif (membedakan diri dari umum)
4. Revolusioner (cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk
mencapai tujuan).

Foto: Pendam I/BB


Di bagian akhir paparannya, Aster Kasdam I/BB menegaskan, kegiatan ini akan secara terus menerus dilaksanakan, dan bergiliran ke seluruh SMU sederajat dan Perguruan Tinggi swasta/negeri di jajaran Kodam I/BB.

Acara juga diisi sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata dari Rektor USM Indonesia Medan kepada Aster Kasdam I/BB. (*/zul)

*Sumber: Pendam I/BB

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below