62KALI DIBACA

Gubernur AAL Hadiri Penutupan Navy Open Water Sport Tournament 2019

Gubernur AAL Hadiri Penutupan Navy Open Water Sport Tournament 2019
Foto: Pen AAL

MedanEkspres | Jakarta – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, SE, MM, didampingi istri Ny. Eni Edi Sucipto menghadiri penutupan kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019.

Kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 tersebut, ditutup secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (27/7/2019).

Penutupan dilaksanakan seusai Kasal, Pejabat Utama Mabesal dan Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut melaksanakan penanaman pohon Karet Kuning di sepanjang bibir dermaga Pondok Dayung dan menyaksikan final Finswiming 6000 meter Putra dari atas geladak KRI Bung Tomo-357.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.600 atlet dari 30 provinsi di Indonesia ini, telah digelar sejak Senin 23 Juli 2019, dengan mempertanding cabang-cabang olahraga perairan, yaitu Dayung, Layar, Ski Air, Selam dan Jet Ski dan dilaksanakan di beberapa venue, yaitu di Pantai Mutiara Pluit, Sea Front Ancol, Pondok Dayung dan Danau Sunter, Jakarta Utara.

Kasal dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Olahraga Perairan yang diselenggarakan oleh TNI AL ini dalam rangka pembinaan personel TNI AL maupun masyarakat umum di bidang Olahraga Perairan, untuk mendukung TNI AL dalam menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan pertahanan wilayah laut, dengan tujuan untuk membangun dan menumbuh kembangkan budaya kepada masyarakat Indonesia untuk memiliki jiwa, kepribadian serta kecintaan terhadap tanah air sebagai bangsa maritim yang besar.

Dihadapan awak media, Kasal mengatakan bahwa negara Indonesia adalah negara maritim dengan Sumber Daya Manusia yang cukup besar. “Ini tentunya membuat negara kita menjadi sumber daya olahraga maritim terbesar dalam skala regional maupun internasional sehingga kegiatan ini sebagai suatu tolak ukur pembinaan pengurus besar ataupun olahraga perairan yang harus ditingkatkan lagi ke depan khususnya bagi prajurit TNI AL dan para pemuda”, ungkap Kasal.

Dalam kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019, keluar sebagai juara umum adalah kontingen Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sehingga berhak atas Piala Tetap maupun Piala Bergilir Kasal yang diserahkan langsung oleh Kasal kepada Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M.

Sementara pemenang cabang-cabang olahraga lainnya, adalah cabang Layar untuk Kategori Intern TNI AL, Juara I Koarmada II dengan perolehan medali 5 Emas dan 1 Perunggu, Juara II Lantamal X Jayapura dengan perolehan 2 Emas, 4 Perak dan 2 Perunggu dan Juara III Koarmada III dengan perolehan 1 Emas.

Sedangkan pada Kategori Open/Umum, Juara I Kaltim dengan perolehan medali 3 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu, Juara II DKI Jakarta dengan perolehan medali 3 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu dan Juara III Banten dengan perolehan medali 2 Emas dan 3 Perak.

Pada Cabang Dayung, Kategori Intern TNI AL, juara I Kolinlamil dengan perolehan medali 2 Emas dan 2 Perak, juara II Koarmada I dengan perolehan medali 1 Emas dan 1 Perunggu dan Juara III Koarmada II dengan perolehan medali 1 Emas.

Sedangkan pada kategori Open/Umum, Juara I Jawa Barat dengan perolehan medali 3 Emas dan 1 Perak. Juara II Kalsel dengan perolehan medali 1 Emas. Dan Juara III Kormar dengan perolehan medali 2 Perak dan 2 Perunggu.

Pada Cabang Ski Air, kategori Intern TNI AL, Juara I Kolinlamil dengan perolehan medali 2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu, juara II Koarmada II dengan perolehan medali 2 Emas, 1 Perak dan 2 Perunggu dan juara III Kodiklatal dengan perolehan medali 1 Emas dan 2 Perak.

Sedangkan pada kategori Open/Umum, juara I Jatim dengan perolehan medali 4 Emas, 3 Perak dan 3 Perunggu, juara II DKI Jakarta dengan perolehan 2 Emas, 5 Perak dan 2 Perunggu dan juara III Jawa Barat dengan perolehan 1 Emas dan 2 Perunggu.

Pada Cabang Selam, kategori Intern TNI AL, juara I Kormar dengan perolehan medali 2 Emas, 3 Perak dan 1 Perunggu, juara II Kodiklatal dengan perolehan medali 2 Emas, 3 Perak dan 1 Perunggu dan juara III Koarmada II dengan perolehan medali 1 Emas dan 3 Perunggu.

Sedangkan pada kategori Open/Umum, juara I Possi DKI 2 Emas dan 2 Perunggu, juara II Kormar dengan perolehan medali 2 emas dan juara III Koarmada III dengan perolehan medali 1 Emas.

Pada cabang-cabang Jetski Kategori Open juara I Puspomal dengan perolehan medali 1 Emas, juara II Koarmada II dengan perolehan medali 1 Perak dan Juara III Kogartap I Jakarta dengan 1 Perunggu.

Untuk Finswiming 6000 meter putri diraih masing-masing dari Pussenarmed, Paris Sakti Club Jakarta, dan Possi DKI Jakarta dan piala diserahkan oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Sedangkan untuk Finswimming 6000 meter putra masing-masing diraih Possi DKI Jakarta, Possi Provinsi Banten dan Paris Sakti Club Jakarta dan piala diserahkan langsung oleh Kasal.

Rangkaian kegiatan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 ditutup dengan kegiatan Naval Base Open Day untuk masyarakat umum.

Pengunjung antusias menyaksikan Pameran Alutsista dan Openship, mengunjungi berbagai stand dan bazar serta menikmati berbagai jenis makanan secara gratis yang disiapkan oleh penyelenggara. (*/zul)

*Sumber: Pen AAL

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below