62KALI DIBACA

Kasiren Korem 023/KS: Upacara Bendera Wujud Kecintaan Prajurit terhadap Pahlawan

Kasiren Korem 023/KS: Upacara Bendera Wujud Kecintaan Prajurit terhadap Pahlawan
Foto: Penrem 023/KS

MedanEkspres | Sibolga – Upacara bendera setiap hari Senin bukan hanya sekadar rutinitas di lingkungan institusi TNI, tetapi sebagai wujud kecintaan Prajurit dan PNS TNI kepada sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan Merah Putih sebagai lambang Negara Indonesia.

Hal ini disampaikan Kasiren Korem 023/Kawal Samudera, Letkol Arm Masturi saat bertindak sebagai Inspektur Upacara di halaman Apel Makorem 023/KS, Jln Datuk Itam No.1 Sibolga, Senin (29/7/2019). Upacara diikuti Prajurit dan PNS serta Dinas Jawatan jajaran Korem 023/KS dengan Komandan Upacara Kapten Czi S Damanik.

Di kesempatan itu, Kasiren Korem 023/KS membacakan amanat tertulis Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah. Bahwa, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini tidak dapat dibendung oleh siapapun, tidak terkecuali oleh Prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan.

Foto: Penrem 023/KS


Informasi dapat dinikmati oleh siapapun dan di manapun berada. Untuk itu, kita dituntut untuk lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi informasi yang diterima.

Salah satu sarana komunikasi yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat, termasuk di dalamnya Prajurit dan PNS Kodam I/BB adalah media sosial, yang merupakan sarana komunikasi paling efektif dalam pembentukan opini publik.

Penyebaran pesannya hampir tidak dapat dibendung. Informasinya pun selain informasi penting, juga banyak ditemukan berita-berita bohong (hoax) yang belum pasti kebenarannya. Bahkan akhir-akhir ini sangat banyak beredar berita yang mencoba mengadu domba antara institusi TNI dengan Polri.

“Untuk itu, Pangdam I/Bukit Barisan terus mengingatkan dan menekankan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam I/BB untuk memedomani dan melaksanakan ketentuan yang dikeluarkan oleh Pimpinan TNI dalam menggunakan media sosial secara benar dan bijak, guna meningkatkan soliditas baik dengan sesama TNI maupun dengan Polri,” ucap Letkol Arm Masturi.

Dijelaskan Pangdam lagi, untuk menyikapi semakin maraknya dan kerawanan yang ditimbulkan dari berita-berita yang mencoba mengadu domba antar institusi dan berita bohong lainnya, ditekankan agar menyikapi dengan cermat, arif, dan bijak terhadap berita yang beredar, sehingga bisa memilah dan menilai mana berita yang benar atau tidak benar.

Waspada dan tidak mudah percaya terhadap berita yang tidak benar (hoax) yang berisikan adu domba dan berpotensi memicu konflik terutama di media sosial.

Para komandan satuan agar memonitor satuannya dan mengendalikan anggotanya agar tidak terprovokasi dan dapat menahan diri dengan adanya berita yang beredar di media sosial yang berpotensi mengadu domba.

Selanjutnya, kepada aparat intelijen agar melaksanakan deteksi dini dan cegah dini, agar masyarakat tidak terprovokasi dan dapat menahan diri dengan adanya berita yang beredar di media sosial.

Foto: Penrem 023/KS


“Segera laporkan kepada komando atas, apabila ditemukan berita yang berpotensi menimbulkan konflik atau kejadian tertentu yang ditimbulkan baik kepada anggota maupun masyarakat untuk segera dapat dilakukan pencegahan atau penanganan yang tepat, terkoordinir dan integral,” tegas Pangdam dalam amanat tertulis yang dibacakan Letkol Arm Masturi.

Diakhir amanat, Pangdam I/BB menyampaikan, mulai hari ini, Senin 29 Juli 2019 sampai Rabu 31 Juli 2019, Presiden RI dan Ibu Negara melakukan kunjungan kerja di wilayah Toba Samosir dan Humbahas.

“Walaupun pengamanan VVIP sudah sering kita lakukan, namun bukan berarti mengurangi kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Karena itu, saya instruksikan kepada prajurit yang terlibat langsung maupun tidak langsung, untuk memaksimalkan operasi pengamanan VVIP ini, sehingga kunjungan kerja Presiden dan Ibu Negara dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan sukses,” pungkas Pangdam I/BB. (*/zul)

*Sumber: Penrem 023/KS

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below