76KALI DIBACA

M3-I Amphibious Ponton, Alutsista Amphibi Pesanan Zipur TNI AD

M3-I Amphibious Ponton, Alutsista Amphibi Pesanan Zipur TNI AD
Foto: lancerdefence.com

MedanEkspres | Jakarta – Tidak lama lagi Satuan Zeni Tempur TNI AD mempunyai Alutsista Amphibi yang dapat mendukung keperluan taktis militer dalam pertempuran sebagai perakitan jembatan dengan panjang 100 m (8 unit) dalam waktu 10 menit dan sebagai fery untuk mobilitas penyeberangan mengangkut kendaraan personil/ logistik dan kendaraan tempur salah satunya adalah MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 yang berkapasitas 60 ton.

M3-I Amphibious Ponton mempunyai daya angkut max 85 ton kendaraan beroda rantai dan 132 ton beroda ban.

Kelebihan Kendaraan M3-I Amphibious Ponton adalah dapat difungsikan di darat dengan kecepatan 80 km/jam dan di air 14 km/jam sebagai kapal fery penyeberangan.

Kendaraan ini cukup besar dengan panjang 13,3 meter, lebar 3,35 meter dengan self deployable by road penggerak 4×4 dengan berat total 26 ton berbahan bakar solar.

M3-I Amphibious Ponton digunakan sejak tahun 1999 produksi negara Jerman dan manufakturnya dari negara Cekoslovakia yang mendapat lisensi dari General Dynamics European Land Systems.

Pengadaan M3-I Amphibious Ponton dari Kementerian Pertahanan dengan item sebagai berikut: M3 18 unit, Rantis Pokko 3 unit, Ran Trackway 5 unit, Recovery Vehicle 2 unit.

Sesuai rencana, pengiriman 5 tahap sampai batas akhir tahun 2020 dimana tahap awal pengiriman pertama 4 unit pada tahun 2019.

Saat ini pelatihan sebagai operator dan mekanis maintenance dalam proses pelatihan di negara Jerman di Cekoslovakia sebanyak 60 personil Zeni AD dari satuan Batalion Zipur 9/K, Batalion Zipur 10/K, Bengpuszi Ditziad dan Pusdikzi dengan periode waktu 29 April sampai 30 Agustus 2019. (*/zul)

*Sumber: lancerdefense.com

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below