60KALI DIBACA

Pangkolinlamil Hadiri FGD di Atas KRI Semarang 594

Pangkolinlamil Hadiri FGD di Atas KRI Semarang 594
Foto: Pen Kolinlamil

MedanEkspres | Teluk Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang Penegakan Kedaulatan dan Hukum di ZEEI Laut Natuna Utara yang diselenggarakan di KRI Semarang 594 yang berlayar di seputar Teluk Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Kehadiran Panglima Kolinlamil sebagai salah satu Panglima Kotama dijajaran TNI AL yang tentunya berkepentingan dalam tema forum diskusi mengingat wilayah operasi tugas Kolinlamil meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Laut dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., sebagai Keynote Adresses saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa TNI AL perlu menyusun dan mengembangkan konsep tentang cara bertindak yang tepat dan melengkapi para komandan serta prajurit dilapangan dengan pemahaman, perangkat lunak dan kelengkapan yang diperlukan demi suksesnya pelaksanaan tugas penegakan dan kedaulatan hukum di ZEEI Laut Natuna Utara.

Kasal menjelaskan bahwa latar belakang forum ini adalah adanya insiden provokasi yang dilakukan kapal dinas perikanan Vietnam terhadap KRI yang sedang melaksanakan operasi penegakan hukum dan kedaulatan di wilayah klaim unilateral Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia – Vietnam di Laut Natuna Utara.

Untuk itu dalam kesempatan ini, Kasal melalui penyelenggara forum Koarmada I mengundang sejumlah pakar untuk memberikan sumbangan pemikiran dan rekomendasi yang dapat menjadi pedoman dan petunjuk bagi pelaksanaan operasi penegakan kedaulatan dan hukum di ZEEI Laut Natuna Utara sesuai dengan ketentuan hukum Internasional dan hukum nasional yang berlaku. (*/zul)

*Sumber: Pen Kolinlamil

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below