444KALI DIBACA

Kasad dan Panglima AD Brasil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Militer

Kasad dan Panglima AD Brasil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Militer
Foto: Dispenad

MedanEkspres | Jakarta – Pada pertemuan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal hTNI Andika Perkasa dan Panglima Angkatan Darat Brasil, General Edson Leal Pujol, keduanya sepakat untuk melanjutkan dan meningkatkan kerja sama bilateral militer kedua negara.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, dalam rilis tertulisnya di Mabesad, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Foto: Dispenad


Diungkapkan Kadispenad, kunjungan Panglima AD Brasil kali ini merupakan kunjungan kehormatan balasan, dimana sebelumnya Kasad (Jenderal TNI Mulyono) berkunjung ke Brasil di bulan April 2018.

“Sehingga, kali ini, dalam kunjungannya ke Indonesia, Kasad (Jenderal TNI Andika Perkasa) mengucapkan terima kasih atas penghormatan dan kerjasamanya kepada TNI AD selama ini,” imbuhnya.

Itu juga, lanjut Candra , menunjukkan keeratan hubungan kemitraan antara Brasil dan Indonesia selama ini.

Foto: Dispenad


“Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh persahabatan itu, Kasad juga mengucapkan selamat atas pengangkatan General Edson Leal Pujol sebagai Panglima Angkatan Darat Brasil yang baru,” tegasnya.

Lebih lanjut Candra katakan, saat bincang-bincang terdapat beberapa hal yang disepakati terkait kerja sama bilateral militer TNI AD dengan AD Brasil.

“Selain sepakat melanjutkan dan meningkatkan kerja sama bilateral militer kedua angkatan darat juga sepakat untuk bekerjasama pada bidang industri strategis.

“Seperti pengadaan, pemeliharaan, dan suku cadang MLRS Astros MK 6 buatan Brasil serta rencana penambahannya,” jelasnya.

Diungkapkan juga oleh Candra, tahun 2020 mendatang direncanakan pelaksanaan Army to Army Staff Talks

Foto: Dispenad


“Serta kerja sama bidang pendidikan, yaitu pelatihan bahasa Portugis di Pusdikpengmilum di Kodiklatad, serta pendidikan lanjutan Perwira Korps Artileri di Indonesia dan Brasil,” tegas Candra.

“Juga dilaksanakan pendidikan setingkat Seskoad di Brasil dan kursus sistem operasi rudal, taktik perang hutan, dan operasi Siber di Brasil,” jelasnya.
.
Selanjutnya Candra sampaikan bahwa komitmen kerja sama TNI AD yang dibangun tidak hanya terbatas pada hubungan bilateral saja, namun di forum-forum internasional,” terangnya.

“Pada pertemuan yang juga dihadiri oleh beberapa pejabat TNI AD, Panglima AD Brasil mengatakan kepada Kasad bahwa selama lebih dari 20 tahun, Indonesia dan Brasil telah berhasil mempertahankan hubungan persaudaraan yang sehat dan kerja sama bilateral melalui kemitraan militer.

“Tahun 2003, Komandan Jenderal AD Brasil saat itu, Gleuber Vieira mengukuhkan persahabatan jangka panjang ini pada waktu kunjungan Kepresidenan ke Indonesia,“ urainya.

Foto: Dispenad


Terlepas dari perbedaan budaya, bahasa dan tradisi, ungkap Candra, tidak ada satu pun hambatan bagi penyesuaian antar negara yang berbeda.

“Bagaimana pun, kita sama-sama memegang nilai-nilai universal dari persahabatan, pekerjaan yang menyegarkan semangat dan kegembiraan hidup. Kita bersama dapat sambil menikmati pertandingan sepak bola yang bagus,“ tuturnya.

“Ini semua menjadi suatu kehormatan yang akan tetap diingat dalam memperkuat hubungan bilateral antar kedua Angkatan Bersenjata,” pungkasnya. (*/zul)

*Sumber: Dispenad

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below