266KALI DIBACA

Komandan STAAL Hadiri Peresmian dan Pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627

Komandan STAAL Hadiri Peresmian dan Pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627
Foto: Pen AAL

MedanEkspres | Surabaya – Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Ir Avando Bastari, MPhil menghadiri acara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627, bertempat di Dermaga Divisi Kapal PT PAL Indonesia (Persero), Ujung Surabaya, Kamis (25/7/2019).

Dalam kegiatan peresmian dan pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627, diawali sambutan Direktur PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh tentang pernyataan selesainya pembangunan KCR-60M yang merupakan kapal keempat dengan nomor pembangunan “WEQP297”.

Selanjutnya disampaikan laporan Dansatgas DN Yekda KCR 60M Kolonel Laut (P) M Nursid dihadapan Menteri Pertahanan RI serta hadirin undangan.

Foto: Pen AAL


Usai acara laporan Dansatgas, dilanjutkan penandatanganan berita acara penyerahan KCR-60M Kerambit dari Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) kepada Kabaranahan Kemhan, yang kemudian secara berturut-turut diserahkan lagi dari Kabaranahan Kemhan kepada Aslog Panglima TNI dan dari Aslog Panglima TNI kepada Aslog Kasal dan kepada Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Acara ini turut disaksikan langsung Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Menteri BUMN RI Rini Soemarno, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji, SIP, MA dan perwakilan PT PAL Indonesia.

Di acara yang sama juga diserahkan maket kapal KCR-60M Kerambit dari Direktur Utama PT PAL kepada Menteri Pertahanan RI yang dilanjutkan dengan sambutan.

Selesai sambutan Menhan RI diteruskan dengan upacara peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627 dengan Inspektur Upacara, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM.

Foto: Pen AAL


Di kesempatan ini, Kasal menyematkan tanda pangkat baru sebagai Komandan KRI Kerambit-627 pertama kepada Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, SH dan dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine.

Kapal KCR ini, memiliki panjang 60 meter, lebar 8.10 meter, dengan berat 500 ton, memiliki kecepatan maksimal 28 Knot, dengan kecepatan jelajah 20 Knots serta mampu berlayar dengan endurance selama 4 sampai 5 hari.

KRI Kerambit-627 akan bergabung dengan jajaran Koarmada I, di bawah Satuan Kapal Cepat (Satkat) dan merupakan alutsista baru buatan anak bangsa dengan jenis Kapal Perang bertipe Kapal Cepat Rudal (KCR) tang diproduksi PT PAL Indonesia (Persero).

Foto: Pen AAL


Selain melaksanakan rangkaian peresmian kapal dan pengukuhan Komandan KRI, para Pejabat Tinggi Negara yang hadir juga melaksanakan peninjauan langsung dengan diawali pembacaan narasi dan prosesi pengguntingan pita oleh istri Menhan RI, Ny Nora Ryamizard Ryacudu didampingi Ketua Umum Jalasenastri, Ny Manik Siwi Sukma Adji.

Selain itu juga dilaksanakan tatap muka antara Kasal bersama prajurit yang mengawaki KRI Kerambit-627 dan foto bersama.

Hadir pada peresmian dan pengukuhan ini, antara lain Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Kadispenal, Komandan STTAL serta pejabat setingkat lainnya. (*/zul)

*Sumber: Pen STTAL

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below