309KALI DIBACA

Program Tank Boat, Kapal Serang Cepat untuk Karakteristik Ralasuntai

Program Tank Boat, Kapal Serang Cepat untuk Karakteristik Ralasuntai
Foto: Kemhan RI

MedanEkspres | Banyuwangi – Tank Boat sebagai salah satu alternatif alat angkut di perairan dengan mengacu pada prinsip Fast Attack Craft (FAC) atau kapal serang cepat, sangat bermanfaat bagi satuan-satuan yang memiliki karateristik wilayah perairan khususnya tipologi Ralasuntai (Rawa, Laut, Sungai dan Pantai).

Dikutip dari Jakartagreater.com, Rabu (24/7/2019), program Tank Boat awalnya merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh 3 konsorsium Industri Pertahanan yaitu PT. Pindad (Persero), PT. Lundin Industry Invest dan CMI Defence S.A Belgia.

Rancangan dan Mock Up Desain Tank Boat pertama kali dipamerkan dalam kegiatan Asian Defence di Hotel Crown Jakarta Tahun 2016 yang kemudian desain Tank Boat tersebut ditindaklanjuti dengan pembuatan prototype.

Foto: Kemhan RI


Kegiatan berlanjut dengan penampilan desain dan Mock Up Tank Boat skala 1 : 1 dan dipamerkan pada ajang Indo Defence Expo & Forum 2016 di JIEXPO Kemayoran Jakarta dan mendapat antusias dari para pengunjung baik dari dalam dan luar negeri serta pada saat yang sama diresmikan oleh Wapres RI dengan nama “Antasena”.

Agar mendapatkan kualitas hasil yang baik dan mekanisme administerasi yang sesuai dengan aturan, Itjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama Ditjen Pothan Kemhan dalam hal ini Dittekinhan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan peninjauan secara langsung ke PT. Lundin Industry Invest di Kota Banyuwangi pada Hari Kamis tanggal 18 Juli 2019, dirilis situs Kemhan RI.

Dalam kegiatan ini Itjen Kemhan melaksanakan Post Audit Semester I dan Current Audit terhadap Program Kerja dan Anggaran TA. 2019, bertempat di Galangan PT. Lundin Industri.

Adapun Personel Itjen Kemhan berjumlah 4 orang dipimpin oleh Kolonel Cba N. Simarmata, S.H., M.Si, sedangkan untuk pendamping adalah Kolonel Cpl Yustinus Agus P, Kasubdit Tekhan Dittekindhan Ditjen Pothan dan dari Pihak Konsorsiun yang Hadir adalah dari PT. Pindad dan Dansatgas Kapal Trimaran Kol Laut (E) Selamet.

Kegiatan diawali dengan Sambutan dari Ketua Tim Audit Itjen Kemhan, dilanjutkan Paparan dari Konsorsium (PT. Pindad) dilanjutkan dengan Diskusi dan Tanya jawab,

Foto: Kemhan RI


Adapun penekanan dari Tim Audit Itjen Kemhan antara lain agar pelaksanaan Progres Tank Boat ini mengacu sesuai Spesifikasi yg sudah direncanakan sehingga hasilnya secara kualitas bisa baik dan admistrasi sesuai dengan aturan yang ada dan bisa dipertanggung jawabkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan peninjauan kondisi Tank Boat secara langsung di galangan PT. Lundin Industri. Kegiatan berjalan sesuai dengan rencana. (*/zul)

*Sumber: Kemhan RI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below