258KALI DIBACA

Danlanud Soewondo Ikuti Upacara Harkitnas ke-111 Tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Benteng

Danlanud Soewondo Ikuti Upacara Harkitnas ke-111 Tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Benteng
Foto: Pen Lanud Swo

MedanEkspres | Medan – Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey bersama unsur pimpinan FKPD Provinsi Sumatera Utara dan FKPD Kota Medan mengikuti upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019 tingkat Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Lapangan Benteng Medan. Senin (20/5/2019).

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 dengan tema “Bangkit Untuk Bersatu” tingkat Provinsi Sumut juga diikuti prajurit TNI AD, AL, AU, Polri, PNS dan para siswa. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Gubernur Sumatera Utara, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi.

Dalam amanat tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang dibacakan Gubsu disebutkan, Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada, telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika
dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” ucap Menkominfo.

Foto: Pen Lanud Swo


Dijelaskan Menkominfo, peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT. Seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadhan nanti, bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, yang mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita.

“Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini disematkan tema ‘Bangkit untuk Bersatu’. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Menkominfo seperti disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jln Sisiangamangaraja Medan. Kembali dalam kegiatan ini, Gubsu Edy Rahmayadi memimpin rombongan melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Bukit Barisan, dan tabur bunga ke pusara para pejuang kusuma bangsa.

Foto: Pen Lanud Swo


Pada waktu bersamaan, seluruh personel TNI Angkatan Udara wilayah Medan yang tidak ikut upacara di Lapangan Benteng, juga melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019 di Apron Charlie Lanud Soewondo.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Aspers Kosekhanudnas III, Kolonel Adm Dedy Hendra Effendi. Upacara dihadiri personel Militer dan PNS Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III, Wing III dan Yonko 469 Paskhas. (*/zul)

*Sumber: Pen Lanud Swo

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below