394KALI DIBACA

Danlanud Soewondo Hadiri Peringatan Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 di Vihara Sinar Buddha Medan

Danlanud Soewondo Hadiri Peringatan Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 di Vihara Sinar Buddha Medan
Foto: Pen Lanud Swo

MedanEkspres | Medan – Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey menghadiri acara Peringatan Tri Suci Waisak 2563 BE/ 2019 M yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Sinar Buddha Indonesia (BLIA) Medan bertempat di Vihara Sinar Buddha komplek CBD Polonia Medan, Minggu (19/5/2019)

Kedatangan Danlanud Soewondo disambut hangat oleh Presiden BLIA bapak Antony Ho bersama panitia yang dilanjutkan dengan meninjau tempat pelaksanaan Donor Darah. Selanjutnya Danlanud Soewondo bersama Walikota Medan Drs. H. T. Zdulmi Eldin S, M. Si., M.H. dan para tamu undangan mengikuti acara Puja Bakti yang dilaksanakan di lantai dua Vihara Sinar Buddha.

Foto: Pen Lanud Swo


Pada kesempatan tersebut Danlanud Soewondo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Suci Waisak 2563 BE /2019 M kepada saudara umat Buddha. “Saya juga menyambut dengan penuh rasa bahagia atas kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan saat ini, dapat lebih meningkatkan kadar keimanan serta kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan bagi kita semuanya,” harap Danlanud.

Selanjutnya Danlanud menyampaikan bahwa peringatan hari Suci Waisak tahun ini tentunya menjadi momentum bagi umat Buddha untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur ajaran Sang Buddha. Sidharta Buddha Gautama telah mengajarkan Dharma yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan yang mendalam serta pencerahan tentang hakekat dan makna kehidupan umat Buddha yang sejati.

Kehidupan Buddha Gautama meneladankan kepada kita bahwa semua perilaku baik demi kepentingan banyak orang yang dilakukan dengan ketulusan hati dan kesungguhan akan memberikan manfaat kepada kemanusiaan.

Buddha juga memberikan pencerahan tentang kehidupan yang menyejukkan, yang mengajak semua orang untuk berbuat kebajikan dan senantiasa peduli pada penderitaan sesama umat manusia.

“Meneladani Sang Buddha, dimulai dari menghadirkan semangat untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai kemanusiaan bersifat universal yang harus direfleksikan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk membantu bagi mereka yang menderita dan membahagiakan sesama, namun juga membahagiakan semua makhluk ciptaan Tuhan dengan menjaga kelestarian alam dan menghindari sifat mementingkan diri sendiri,” kata Danlanud.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan bahwa Perkumpulan Sinar Buddha Indonesia (BLIA) Medan dengan TNI Angkatan Udara di Medan sudah kerap kali bersinergi dan bekerjasama melaksanakan kegiatan sosial kemanusiaan berupa pengobatan gratis, pembagian sembako, donor darah, dan lain sebagainya, yang bertujuan hanya untuk membantu untuk meringankan beban sesama.

Foto: Pen Lanud Swo


“Saya berharap supaya hubungan yang sudah terjalin dengan sangat baik ini dapat terus terjaga dalam upaya membahagiakan sesama sebagaiman yang diajarkan oleh Sang Buddha,” pungkas Danlanud.

Usai acara Puja Bakti dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari panitia kepada Danlanud Soewondo, Walikota Medan dan Plt. Binmas Buddha Provinsi Sumatera Utara bapak Burhan S.Ag., M.H yang diakhiri dengan foto bersama. (*/zul)

*Sumber: Pen Lanud Swo

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below