781KALI DIBACA

Sinabung Semburkan Abu Vulkanik 2000 M, Waspadai Daerah Ini

Sinabung Semburkan Abu Vulkanik 2000 M, Waspadai Daerah Ini
Foto: PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung.

MedanEkspres | Karo – Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Selasa (7/5/2019) pukul 07.48 Wib.

Erupsi Gunung Sinabung kali ini menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian kolom abu teramati ± 2.000 meter di atas puncak atau ± 4.460 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara,” tulis data Kementerian ESDM Badan Geologi-PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Selasa (7/5/2019).

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik. Hujan abu masih berlangsung. Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level IV (Awas).

Terkait erupsi Gunung Sinabung ini, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung merekomendasikan sebagai berikut:

Masyarakat/pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km untuk sektor Utara-Barat, radius 4 km untuk sektor Selatan-Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara. Kemudian, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur.

Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat. (*/zul)

*Sumber: Kementerian ESDM

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below